Anti Bocor! Kenali Jenis, dan Tips Aplikasi Waterproofing Dak Beton

Meskipun karakteristik beton memiliki pori-pori yang kecil dan lebih tahan terhadap cuaca ekstrim, namun dak beton perlu ditambahkan pelapis bebas bocor agar lebih maksimal.

 

Umumnya pembangunan dak beton menggunakan sebuah pelapis anti bocor yaitu waterproofing dak beton.

 

Berikut definisi dan tips aplikasi waterproofing dak beton agar tidak bocor yang dapat Anda terapkan.


 

Waterproofing Dak Beton

 

Waterproofing Dak Beton

istockphoto.com

 

Waterproofing adalah proses melindungi pori-pori permukaan dari air atau kelembaban yang mengakibatkan kerusakan struktur didalamnya. 
 

Umumnya pengerjaan waterproofing pada dak beton bertujuan untuk melindungi pori-pori beton dari merembesnya air sehingga resiko kebocoran bisa diminimalisir bahkan dihilangkan.
 

 

Baca Juga: Pengeras Beton: Cara Efektif Meningkatkan Kekuatan Beton


 

Jenis - Jenis Waterproofing 

 

Waterproofing Dak Beton

istockphoto.com

 

Waterproofing Jenis Membran

 

Jenis waterproofing ini adalah jenis yang dikembangkan pertama kali. Jenis waterproofing ini dikerjakan dengan melapisi lembaran yang impermeabel sehingga peresapan air dapat dicegah dan tidak merusak struktur dibawahnya.

 

Waterproofing Jenis Coating

 

Dak beton dilapisi cat yang terbuat dari bahan polimer dan mampu menutupi pori-pori struktur beton sehingga dak beton tahan air dan kelembapan.

 

Waterproofing Jenis Injection

 

Yaitu waterproofing yang dikerjakan dengan cara disemprotkan. Cairan yang disemprotkan pada dak beton berupa polyurea. Cairan ini merupakan cairan kimia yang sangat sulit ditembus oleh air.

 

Waterproofing Jenis Integral

 

Jenis waterproofing ini dikerjakan dengan cara mencampurkan bahan anti air kedalam campuran beton. Sehingga seluruh beton yang digunakan sudah anti air karena bahan dari cairan kimia yang digunakan adalah admixture.

 

Waterproofing Jenis Semen Mortar

 

Waterproofing jenis ini menggunakan sistem ekspos. Semen mortar dinilai memiliki ketahanan yang baik. Pengerjaan semen mortar umumnya ditutup dengan keramik. Dapat dikatakan, pengaplikasiannya seperti pengerjaan pada kolam renang.


 

Tips Pengerjaan Waterproofing Dak Beton

 

Waterproofing Dak Beton

istockphoto.com

 

Terdapat beberapa tips pengerjaan waterproofing dak beton agar lebih maksimal dan tidak bocor. Berikut tips-tipsnya.

 

Permukaan Dak Harus Dibersihkan Terlebih Dahulu

 

Sebelum dilakukan pengerjaan waterproofing pada dak beton, permukaan pada dak beton harus bersih terlebih dahulu. Hal ini demikian, agar waterproofing dapat merekat dengan sempurna.

 

Penggunaan Cat Dasar 

 

Penggunaan cat dasar ini bertujuan untuk menyatukan sisa-sisa debu kecil serta menutup retak-retak halus, sehingga waterproofing memiliki daya lekat yang maksimal.

 

Pengaplikasian Waterproofing

 

Waterproofing perlu diaplikasikan dengan cara yang tepat. Pengaplikasian waterproofing yang tepat dapat dilakukan dengan berbeda-beda arah pada setiap layer-nya. Seperti, utara-selatan dan barat-timur. Setiap layer dikerjakan dengan arah-arah tersebut agar waterproofing dapat melekat dengan sempurna.

 

Dilakukan Oleh Tenaga Profesional

 

Sebaiknya pengerjaan waterproofing pada dak beton dilakukan oleh tangan-tangan ahli. Karena pengerjaan ini tidak sembarangan, butuh ketelatenan dan kepresisian yang baik agar waterproofing dapat melekat dan berfungsi maksimal.


 

Kesimpulan

 

Waterproofing dak beton menjadi pelapis yang mampu memaksimalkan daya tahan dak beton dari resiko kebocoran dan kerusakan para strukturnya. Pemilihan pada jenis-jenis dari waterproofing dak beton perlu dipertimbangkan tergantung pada budget dan kebutuhan.



 

Perlu dipahami, hasil dari waterproofing ini juga perlu didukung dengan kualitas beton yang maksimal.


 

***


 

Jika Anda membutuhkan beton dengan kualitas maksimal, Anda dapat mengandalkan PT. Sobute Global Indonesia.


 

Sobute, menyediakan produk pengeras beton terbaik serta tenaga-tenaga ahli yang siap melayani Anda di seluruh Indonesia.



Info Selengkapnya, Hubungi Kami


Share

Your Message Has Been Sent..