Artikel

240524IOY1XSGK5J89rqFuvEZ2ep7oCTBWANQLsbVzj0U4xMwthmcf3aRPHlnikdg6.jpg

Pilih Favoritmu! Ini Desain Pintu Garasi Minimalis

22 May 2024

 

Ada banyak desain pintu garasi yang bisa jadi pilihan untuk bangunan Anda. Salah satunya model pintu garasi minimalis. 

Pintu garasi minimalis jadi pilihan populer untuk melengkapi tata ruang rumah yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, namun memberikan kontribusi besar terhadap estetika keseluruhan rumah.

 

Baca Juga: Jangan Sampai Tertuka, Ini Bedanya Carport vs Garasi

 

Temukan beberapa pilihan desain pintu garasi berkonsep minimalis sesuai dengan gaya rumah dan kebutuhan fungsional. 

 

 

Jenis-Jenis Desain Garasi Desain Minimalis

 

Pintu Garasi Minimalis

pinterest.com

 

Garasi Bergeser (Sliding Garage Doors)

Garasi dengan sistem geser merupakan pilihan yang sangat cocok untuk rumah dengan ukuran atau ruang terbatas. Pintu tersebut meluncur secara horizontal dan tak perlu ruang tambahan di luar garasi.

 

Garasi Lipat (Folding Garage Doors)

Garasi lipat mempunyai desain yang fleksibel dan dapat dilipat ke dalam atau ke bagian luar. Tampilannya yang unik akan menambah daya tarik interior dan eksterior bangunan untuk gaya arsitektur modern.

 

Sectional Garage Doors

Garasi jenis ini memiliki beberapa panel yang terhubung dan bisa dibuka naik ke atas. Desain tersebut memberikan isolasi termal yang baik dan aman untuk serangan cuaca ekstrem.

 

Garasi Canopy

Garasi canopy minimalis mempunyai struktur kuat di bagian depan, sebagai area penyangga. Desain ini memberikan sentuhan arsitektur yang menarik dan cocok untuk rumah minimalis dengan gaya kontemporer.

 

Garasi Rol (Roll-up Garage Doors)

Garasi rol disebut memiliki desain yang praktis dan hemat ruang. Pintu jenis ini terbuat dari panel logam yang dapat digulung ke atas, memberikan akses cepat dan mudah.

 

 

Bahan-Bahan Pembuat Garasi Desain Minimalis

 

Pintu Garasi Minimalis

 

Aluminium

Memiliki bobot yang ringan dan dapat dibuat berbagai bentuk sesuai kebutuhan ruang. Dari segi perawatan dan biaya, pilihan bahan ini cocok untuk Anda. 

 

Kayu 

Bahan yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menampilkan kesan natural dan hangat. Kayu solid punya daya tahan yang kuat tanpa perlu takut lapuk atau mudah retak. Akan tetapi, pilih kayu asli dan berkualitas tinggi.

 

Baja Ringan 

Bahan baja ringan, tak hanya berbobot ringan sesuai namanya, namun memiliki kekuatan yang tinggi dan harga yang tidak memberatkan. 

 

Kaca 

Selanjutnya adalah material kaca. Tak hanya kuat dan tahan lama, penggunaan material ini juga sangat bisa menambah nilai estetika, luas dan mewah bangunan. 

 

 

Tips Memilih Desain Pintu Garasi Minimalis

 

Pintu Garasi Minimalis

 

Konsisten dengan Gaya Arsitektur Rumah

Sebelum memilih desain pintu garasi minimalis, penting mempertimbangkan gaya arsitektur rumah Anda. Apakah rumah Anda memiliki gaya modern, kontemporer, atau klasik? Pastikan desain pintu garasi konsisten dengan gaya keseluruhan rumah untuk menciptakan harmoni visual.

 

Ukuran dan Bentuk Pintu Garasi

Ukuran dan bentuk pintu garasi wajib sesuai dengan ruang yang tersedia. Dengan desain yang sederhana dan bersih, serta ukuran yang sesuai, akan memberikan ruang yang cukup untuk kendaraan Anda.

 

Material yang Digunakan

Pilih material pintu garasi minimalis yang tahan terhadap cuaca dan memerlukan perawatan minimal. Bahan yang umum digunakan meliputi baja, aluminium, kayu, atau kombinasi bahan untuk tampilan yang lebih menarik. Pastikan material memberikan perlindungan optimal terhadap kondisi luar dan cuaca ekstrem.

 

Sistem Pembukaan

Pintu Garasi Minimalis

pinterest.com

 

Ada beberapa sistem pembukaan pintu garasi minimalis yang dapat dipilih, seperti pintu geser, lipat, atau bahkan pintu yang naik ke atas. Pilihlah sistem pembukaan sesuai kebutuhan dan ukuran ruang yang tersedia di sekitar garasi Anda.

 

Warna dan Finishing

Warna dan finishing akan memberikan sentuhan akhir pada garasi pada penampilan keseluruhan rumah. Pilihlah warna yang disesuaikan dengan nuansa dari rumah Anda itu sendiri. Pastikan finishing tahan terhadap korosi serta perubahan cuaca.

 

Fitur Keamanan

Keamanan jadi faktor penting dalam memilih pintu garasi minimalis. Pastikan pintu dilengkapi dengan sistem kunci yang aman dan handal. Sensor keamanan jadi pertimbangan tambahan untuk mencegah kecelakaan atau kehilangan pada kendaraan.

 

 

Kesimpulan

 

Pemilihan pintu garasi minimalis yang tepat akan menghadirkan estetika, fungsionalitas, dan keamanan. Tips di atas dapat membantu Anda dalam memilih desain sesuai dengan konsep dan kebutuhan rumah Anda. 

Semoga bermanfaat ya!

***

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Baca selengkapnya...
2405214nX0dwfSLTHokG5J8bZaqusr9E7RCKx1IplMYQPNVg6mAt3jWeBUOzvcF2iy.jpg

Ini Cara Membuat Beton Transparan Dengan Mudah

20 May 2024

 

Beton transparan bisa disebut sebagai salah satu inovasi terkini dalam industri konstruksi. Jenis beton yang ini menggabungkan kekuatan dan keindahan estetika visual karena memungkinkan cahaya masuk dengan baik, sehingga memberikan desain arsitektur yang unik dan fungsional. 

Namun, apakah itu saja kegunaan beton transparan dan bagaimana proses pembuatannya dan kelebihannya? 

 

Baca Juga: Mengenal Beton Serat, Inovasi Terkini dalam Industri Konstruksi

 

Simak penjelasan berikut ini! 

 

 

Apa itu Beton Transparan?

 

Cara Membuat Beton Transparan

pinterest.com

 

Beton transparan adalah varian beton yang memungkinkan cahaya untuk melewati melalui permukaannya. Hal ini terjadi karena adanya bahan transparan, seperti fiber atau serat optik atau polimer, ke dalam campuran bahan beton saat diproses. 

Fiber atau serat optik sendiri adalah sejenis kabel tipis yang berguna untuk meneruskan sinyal cahaya dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

Konsep ini muncul untuk memenuhi kebutuhan akan bangunan yang tak hanya kuat dan tahan lama secara struktural, namun mampu memberikan tambahan estetika modern dan pencahayaan alami.

Uniknya, beton jenis transparan ini sudah ada sejak tahun 1900-an. Namun baru diperkenalkan dan populer pada tahun 2001, oleh Aron Losonczi yang merupakan arsitek Hungaria. 

 

 

Bahan Pembuatan Beton Transparan

 

Cara Membuat Beton Transparan

pinterest.com

 

Bahan Utama 

Beton jenis ini tetap menggunakan bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam proses campuran beton konvensional, seperti semen Portland, agregat (pasir, kerikil), dan air.

 

Bahan Transparan

Untuk mencapai sifat transparan, bahan-bahan seperti serat optik atau polimer transparan sangat penting diperhatikan. Serat optik akan memberikan kejernihan yang tinggi, sementara polimer transparan dapat dicampur ke dalam beton untuk memberikan efek yang diinginkan.

 

Aditif

Aditif tertentu mungkin akan ditambahkan untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan terhadap cuaca, dan kinerja umum beton.

 

Bahan Alternatif

Semakin menambah kekuatan struktur beton, material seperti penggunaan batu kaca atau serat alam bisa jadi bahan tambahan sesuai kebutuhan Anda. 

 

 

Proses Produksi Beton Jenis Transparan

 

Cara Membuat Beton Transparan

pinterest.com

 

Pencampuran Bahan

Bahan utama, seperti serat optik atau polimer transparan, dicampur dengan bahan utama dalam proporsi yang tepat. Proses pencampuran harus dilakukan dengan teliti dan cermat demi memastikan distribusi yang merata dan hasil yang berkualitas.

 

Proses Pengadukan

Campuran kemudian diaduk dengan mesin pengaduk beton untuk mencapai konsistensi yang diinginkan. Pengadukan yang tepat akan menghasilkan hasil akhir yang homogen.

 

Pengecoran

Setelah pencampuran selesai, beton jenis transparan kemudian dicor seperti jenis konvensional. Dalam hal ini, perhatian khusus diberikan untuk mengurangi gelembung udara dan mengoptimalkan kejernihan permukaan.

 

Pemadatan

Beton perlu dipadatkan sesuai dengan waktu yang tepat dan hati-hati untuk menghilangkan celah dan memastikan kepadatan yang maksimal. Proses pemadatan dapat melibatkan penggunaan alat pemadat vibrasi.

 

Pengeringan dan Pengerasan

Setelah dicor, beton akan dikering dan dibiarkan mengeras. Proses ini tentu membutuhkan waktu, suhu dan kelembaban lingkungan untuk mendapatkan hasil pengeringan dan pengerasan yang berkualitas tinggi. 

 

 

Keuntungan Penggunaan Beton Jenis Transparan

 

Cara Membuat Beton Transparan

pinterest.com

 

Estetika Modern

Beton jenis ini memungkinkan Anda dapat menciptakan desain yang lebih inovatif dan modern dengan pemanfaatan cahaya alami.

 

Pencahayaan Maksimal

Penggunaan beton ini juga dapat meningkatkan pencahayaan alami di dalam ruangan, mengurangi ketergantungan pada penerangan buatan, sehingga hemat konsumsi energi.

 

Kekuatan Struktural

Walau terkesan jenis yang ringan dan simpel, beton ini tetap mempertahankan kekuatan struktural yang tinggi, menjadikannya pilihan yang aman dan andal untuk konstruksi.

 

Fleksibilitas Desain

Beton transparan dapat dibentuk dan dicor dalam berbagai bentuk dan ukuran, memberikan fleksibilitas pada desain bangunan. 

 

 

Penutup 

 

Inovasi beton transparan jadi langkah signifikan untuk kegiatan konstruksi, menggabungkan keindahan estetika dan kekuatan struktural yang maksimal. Meskipun masih dalam tahap pengembangan, penggunaan beton jenis ini dapat menjadi inovasi terkini untuk meningkatkan penggunaan material ini.

***

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Baca selengkapnya...
240521FW8Kgl2nacfqbzMEd6wAp5oR4StULPhsITQju0CNHrBYVJGmiOkyZ1xevDX9.jpg

Beton Serat: Inovasi Terkini Dalam Industri Konstruksi

18 May 2024

Beton sudah menjadi primadona untuk kegiatan dalam bidang konstruksi. Seiring perkembangan teknologi dan inovasi, material dengan kuat tekan yang tinggi ini melahirkan berbagai jenis beton. Salah satunya adalah penggunaan beton serat atau bahan konstruksi yang menggabungkan kekuatan beton dengan kelebihan serat sebagai penguat. 

 

 

Pengertian Beton Serat

 

beton serat

pinterest.com

 

Beton serat atau fibre reinforced concrete adalah modifikasi beton dari campuran semen, agregat kasar dan halus, serta bahan serat secukupnya, seperti baja, kaca, plastik, karbon, kawat, dan bahan serat alami, diantaranya rami, ijuk, dan dari kandungan tumbuhan lain. 

 

 

Sifat-Sifat Beton Serat 

 

Berikut beberapa sifat beton serat (Soroushian, 1987), : 

 

Spacing concept

Bersifat mendekatkan jarak antar serat dalam campuran beton, agar beton lebih dapat membatasi ukuran retak dan mencegah adanya keretakan menjadi lebih besar. Kinerja serat akan lebih efektif jika diletakkan berjajar dan seragam tidak overlapping.

 

beton serat

 

Composit material concept

Konsep pendekatan jenis ini untuk memperkirakan kuat tarik dan lentur beton, dengan asumsi bahan penyusun beton saling melekat dengan baik, dengan memperkirakan kekuatan material komposit ketika adanya retak pertama (first crack strength).

 

 

Fungsi Beton Serat

 

beton serat

 

Beton jenis ini dikembangkan untuk mengatasi beberapa kelemahan dari beton konvensional. Fungsinya seperti meningkatkan kekuatan tarik dan tahan terhadap retak, menambah daya tahan pada beban dinamis, serta memberikan keawetan dan ketahanan terhadap zat-zat kimia. 

 

 

Jenis Beton Serat

 

Terdapat beberapa jenis beton serat yang umum digunakan dalam industri konstruksi. yakni : 

 

Metallic Fibers

Metalic Fibers mengandung serat baja yang digunakan sebagai pengganti agregat kasar. Jenis beton dengan tambahan serat baja teruji dapat menaikkan kuat tekan pada material ini. 

 

Baca Juga: Cara Membuat Beton Transparan

 

 

Mineral Fibers

Jenis ini terdiri dari serat gelas atau kaca. Serat kaca terdiri dari kaca cair dengan ukuran diameter 0,005 mm sampai 0,01 mm. Beton serat kaca menawarkan kekuatan tarik yang tinggi, ringan, dan tahan terhadap korosi. 

 

Polymeric Fibers

Polymeric fibers adalah serat sintetis yang diolah dengan proses kimia, seperti polypropylene, nylon, carbon, dan lainnya. Serat polipropilena memberikan kekuatan tambahan pada beton dan mencegah retakan.

 

Naturally Occuring Fibers

Naturally Occuring merupakan serat alami, dari hewan atau tumbuhan, seperti serat kelapa, tebu, dan serbuk kayu. Serat alami memiliki kandungan untuk meningkatkan kuat tekan yang lebih tinggi. 

 

 

Aplikasi Beton Serat

 

https://id.pinterest.com/pin/346847608815836710/ 

pinterest.com

 

Beton jenis ini sangat cocok diaplikasikan pada bangunan dengan permukaan luas, dengan suhu, kelembaban dan sistem penguapan yang diatur dengan baik sesuai penggunaan bangunan, contohnya pembangunan bandara, jembatan, dan lainnya.

 

 

Kelebihan Beton Serat

 

Penggunaan beton jenis ini memberikan beberapa kelebihan, seperti bertambahnya kekuatan tarik dan daya tahan terhadap retak, yang menjadikan struktur bangunan dengan beton serat akan lebih tahan terhadap gaya tarik dan memiliki keawetan yang lebih baik.

Selain itu, beton jenis ini juga dapat meningkatkan ketahanan terhadap beban dinamis yang dibutuhkan pada konstruksi bangunan yang bisa terkena getaran atau guncangan, seperti gedung bertingkat tinggi atau jembatan. 

Ketahanan terhadap serangan kimia juga dapat dimanfaatkan dari penggunaan beton jenis serat. Ini menjadi pilihan yang baik untuk struktur di lingkungan yang rentan terhadap korosi, seperti fasilitas industri atau bangunan di daerah pesisir.

 

 

Kekurangan Beton Serat

 

Kekurangan utama dari penggunaan jenis beton ini terletak pada biaya produksinya yang lebih mahal daripada beton konvensional. Selain itu, perlu penggunaan keahlian khusus karena butuh keakuratan dalam proses pencampuran bahan pembuatan untuk hasil yang optimal. 

 

 

Kesimpulan

 

Beton serat menjadi inovasi yang menarik dengan kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan menggunakan beton jenis ini. 

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Baca selengkapnya...
240521NAXl95xpm1ev3rT6dRkBcoZfgwtYWSGQqaOI8jPnMyLisFCEVh4U7D02bJKH.jpg

Bagaimana Ketahanan Dari Waterstop Beton? Cek Di Sini!

16 May 2024

 

Salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada beton yaitu masalah kebocoran air. Salah satu penyebab utama adalah adanya retak atau celah pada permukaan beton. Retakan dapat muncul akibat perubahan suhu, tekanan, atau beban berlebih sehingga menyebabkan material beton mengalami deformasi atau pelebaran.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran air pada beton, salah satu solusi yang dapat diterapkan yaitu menggunakan waterstop beton. Waterstop beton punya nilai-nilai ketahanan yang dapat mendukung suatu beton punya umur pakai yang panjang


 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Graphene Oxide Untuk Perlindungan Beton


 

Mengenal Apa Itu Waterstop Beton

 

Waterstop Beton

 

jointwaterstop.com
 

Waterstop beton merupakan sebuah istilah penyebutan yang merujuk pada suatu material tahan air dan dipasangkan pada posisi sekitar sambungan konstruksi beton. 

Penempatan waterstop beton difungsikan untuk mencegah masuknya air kedalam struktur beton. Waterstop beton juga merupakan solusi untuk merapikan sambungan beton serta mencegah terjadinya penetrasi bahan kimia. 

Kami sudah pernah membahasnya mengenai definisi nya disini.

 

 

Fungsi Penggunaan Waterstop Beton

 

Waterstop Beton

 

jointwaterstop.com

 

Penggunaan waterstop beton bukanlah hal yang diterapkan tanpa sebuah alasan. Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, fungsi utama dari penggunaan waterstop beton yaitu menghindari resiko masuknya air ke dalam struktur beton.

 

Lebih lengkapnya kami juga sudah membahas fungsinya disini.

 

 

Ketahanan pada Waterstop Beton

 

Waterstop Beton

 

seashoreseal.com

 

Waterstop beton dibuat dan dirancang dengan melalui proses-proses penting untuk mencapai suatu ketahanan yang maksimal. Material ini dibuat untuk dapat tahan terhadap cuaca yang ekstrem. Diantaranya yakni sebagai berikut.

 

Tahan Terhadap Sinar UV

Waterstop beton didesain dan dibuat dengan bahan-bahan yang tidak mudah rusak akibat terkena paparan sinar UV atau sinar matahari. Mereka dibuat menggunakan campuran aditif yang memberikan perlindungan maksimal. 

Sehingga, waterstop beton tidak hanya dapat berfungsi untuk penggunaan jangka pendek namun mereka juga dapat diandalkan untuk penggunaan jangka waktu yang panjang.

 

Tahan Terhadap Suhu Panas & Dingin

Waterstop beton juga dibuat dari bahan-bahan yang memiliki daya tahan baik serta tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrem. Seperti suhu panas maupun suhu yang dingin. Waterstop beton harus mampu tahan terhadap perubahan suhu tanpa mengalami kerusakan yang berpotensi menurunkan kinerjanya dan dapat merusak beton.

 

Tahan Terhadap Resiko Bahan Kimia

Waterstop beton umum digunakan untuk membuat suatu struktur beton di berbagai area. Tak terkecuali area-area yang rawan resiko terpapar bahan kimia. Waterstop beton juga harus tahan terhadap resiko bahan kimia. 

 

Tahan Terhadap Kelembaban & Hujan

Waterstop beton juga dibuat dan dirancang dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat tahan terhadap resiko kelembaban dan paparan hujan. Hal ini bertujuan agar waterstop beton mampu mencegah resiko kerusakan pada struktur beton akibat merembesnya air hujan.

 

 

Kesimpulan

 

Dengan ketahanan yang dihasilkan dari waterstop beton, beton yang menggunakan material ini akan lebih tahan terhadap risiko-risiko cuaca ekstrem. Sehingga beton yang digunakan memiliki umur yang panjang dan tidak mudah rusak.

***

Untuk mendukung kualitas beton yang baik, Anda dapat menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

Sobute siap menyuplai berbagai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Butuh Informasi lebih lanjut? Segera hubungi kami.

 

Baca selengkapnya...
240517bSwdIoHny2EVQFUZmpBgzY198OPWs76jh0uNqDKJicevrkRT3xL4M5XalCfA.jpg

Apa Ada Beton Ramah Lingkungan? Cek Lengkapnya Di Sini!

14 May 2024

 

Zaman sekarang, beton merupakan sebuah material yang pasti digunakan dalam setiap proyek konstruksi, entah itu rumah, gedung, jalan raya, maupun jembatan. 

 

Fungsi utama beton yaitu berfungsi sebagai bahan bangunan utama yang memberikan kekuatan struktural dan daya tahan terhadap beban, serta memberikan stabilitas dan kekokohan pada struktur bangunan.

 

 

Baca Juga: Mengenal Jenis & Fungsi Penting Struktur Beton pada Bangunan

 

 

Perlu diketahui bahwa, ternyata ada lho beton yang ramah terhadap lingkungan. Apa yang membedakan beton ramah lingkungan dengan beton konvensional? Yuk temukan jawabanya pada pembahasan artikel kali ini.


 

Beton Ramah Lingkungan Vs Beton Konvensional

 

Beton Ramah Lingkungan

 

 

Beton ramah lingkungan, dibandingkan dengan beton konvensional, menawarkan sejumlah keunggulan signifikan dalam aspek keberlanjutan dan dampak lingkungan. Perlu Anda ketahui bahwa Beton ramah lingkungan, seringkali disebut sebagai "green concrete”.

 

Dibanding beton konvensional, beton ramah lingkungan atau green concrete memiliki perbedaan dari bahan baku pembuatannya. Selain itu proses produksinya cenderung lebih efisien dan tidak begitu menimbulkan dampak pada lingkungan.

 

Meskipun begitu, kinerja dari beton ramah lingkungan juga tidak dapat diremehkan. Karena beton jenis ini juga memiliki sifat ketahanan yang baik.

 

 

Material dari Beton Ramah Lingkungan

 

Beton Ramah Lingkungan

 

 

Beton ramah lingkungan atau green concrete dapat disebut sebagai jenis beton yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan yang lebih berkelanjutan dan dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Adapun bahan atau material pada pembuatan beton ramah lingkungan yakni sebagai berikut.

 

Fly Ash

Beton Ramah Lingkungan

 

 

Salah satu bahan utama dari pembuatan beton ramah lingkungan yaitu abu terbang atau fly ash. Fly ash dibuat dari kumpulan debu terbang yang dapat digunakan sebagai material pengganti dari semen portland. Fly ash digunakan untuk tidak hanya mengurangi emisi karbon namun material ini juga mendukung beton untuk memiliki sifat ketahanan kimia yang lebih baik.

 

Calcined Clay

Beton Ramah Lingkungan

 

 

Calcined clay merupakan salah satu material yang dihasilkan dari hasil pengolahan tanah liat yang dipanaskan. Material ini menjadi salah satu material yang juga digunakan untuk menggantikan peran semen portland. Material ini juga mendukung bobot beton yang lebih ringan namun dengan penggunaan bahan yang lebih sedikit.

 

Geopolimer

Material satu ini merupakan salah satu yang berperan dalam menghasilkan beton ramah lingkungan. Geopolimer dibuat melalui reaksi kimia antara material pozzolan, seperti abu terbang, dan larutan alkali, seperti natrium hidroksida dan natrium silikat. 

 

Penggunaan geopolimer tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang terbatas. Sehingga penggunaan bahan ini tentu menjadi bentuk upaya dalam menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan.

 

Cenosphere

Cenosphere, merupakan partikel ringan yang diperoleh dari abu terbang, memberikan kontribusi positif pada karakteristik beton. Saat cenosphere dicampurkan ke dalam beton, dampaknya adalah pengurangan berat beton tanpa mengurangi kekuatan strukturalnya.

 

Material Daur Ulang

Pada pembuatan green concrete, material daur ulang menjadi bahan pendukung karena menggunakan agregat atau pengisi daur ulang dan serat daur ulang. Meskipun bahan daur ulang, namun material ini juga dapat menambah kekuatan tarik pada beton serta mendukung sifat perbaikan sifat reologi.

 

 

Dampak Penggunaan Beton Ramah Lingkungan

 

Beton Ramah Lingkungan

 

Tentu saja penggunaan beton ramah lingkungan pada suatu proyek bangunan memiliki dampak tersendiri. Penggunaan beton ramah lingkungan memiliki sejumlah dampak positif yang berdampak pada keberlanjutan lingkungan. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari penggunaan beton ramah lingkungan.

 

Meminimalisir Emisi CO2

Beton Ramah Lingkungan

 

Pengurangan emisi karbon adalah salah satu dampak positif yang signifikan dari penggunaan beton ramah lingkungan. Beton konvensional yang umumnya menggunakan semen Portland memiliki kontribusi besar terhadap emisi karbon dioksida dalam industri konstruksi.

 

Sebagai alternatif, beton ramah lingkungan, seperti beton geopolimer atau beton dengan penggunaan bahan tambah alternatif, dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan sebagian penggunaan semen Portland. 

 

Dengan mengurangi ketergantungan pada semen Portland, beton ramah lingkungan membantu menekan emisi karbon dari industri konstruksi.

 

Penggunaan Sumber Daya Alam yang Lebih Efisien

Sebagai alternatif, beton ramah lingkungan seringkali melibatkan penggunaan bahan tambah alternatif atau limbah industri sebagai pengganti sebagian atau seluruh semen Portland. Dengan mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam yang terbatas, beton ramah lingkungan membantu mendukung konsep pembangunan berkelanjutan.

 

Kinerja Konstruksi yang Lebih Meningkat

Penggunaan bahan alternatif seperti serat daur ulang dapat memberikan peningkatan signifikan dalam performa beton, termasuk meningkatkan ketahanan terhadap keretakan dan kelelahan. Efeknya, struktur konstruksi pada suatu bangunan akan memiliki daya tahan dan umur pakai yang lebih lama,  lebih tahan risiko retakan, dan memiliki masa pakai bangunan secara keseluruhan. 

 

 

Kesimpulan

 

Beton ramah lingkungan atau green concrete menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin memiliki sebuah bangunan dengan penggunaan  material yang ramah lingkungan. Meskipun menggunakan bahan daur ulang, namun kualitas dan ketahanannya bukanlah suatu hal yang dapat diremehkan.


 

***

Temukan produk cairan pengeras beton berkualitas di Sobute.

 

PT Sobute Global Indonesia, siap memenuhi kebutuhan cairan pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Segera Hubungi kami untuk info lengkapnya.

 

Baca selengkapnya...
240517joX98IL4apechKdfUVwO6G1y3tz05bSgYk2lFDMiQRrnqAvNZExBJCPm7TsW.jpg

Beton Bertulang Vs Baja Struktural, Ini Perbedaannya!

12 May 2024

 

Beton bertulang dan baja struktural adalah dua bahan konstruksi yang umum digunakan untuk membangun struktur bangunan yang kuat dan tahan lama. 

 

 

Baca Juga: Ini Fungsi & Kelebihan Beton Bertulang Bagi Struktur Bangunan

 

 

Akan tetapi, kedua material ini memiliki karakteristik yang berbeda, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar tidak membingungkan, yuk simak perbedaan lengkap antara beton bertulang dan baja struktural. 

 

 

Beton Bertulang vs Baja Struktural

 

a. Beton Bertulang

Beton Bertulang vs Baja Struktural

 

Beton bertulang disebut sebagai bahan konstruksi dari bahan beton yang diperkuat dengan tulangan baja. Campuran beton jenis ini terdiri dari semen, air, kerikil, dan pasir. Tulangan baja yang digunakan berupa batangan baja yang ditempatkan di dalam beton demi meningkatkan kekuatan dan daya lentur struktur.

 

Jenis bahan bangunan ini dapat digunakan untuk pembangunan jembatan, bangunan besar, bendungan dan lainnya. 

 

Kelebihan

Kekuatan Tingkat Tinggi

Kombinasi beton dan baja memberikan kekuatan yang tinggi pada struktur, sehingga cocok digunakan dalam pembangunan bangunan besar dan fasilitas umum dengan beban berat. 

 

Daya Lentur yang Baik

Tulangan baja meningkatkan daya lentur dan tahan terhadap tegangan tarik, memungkinkan struktur menahan tekanan dan beban yang lebih besar.

 

Tahan Terhadap Gempa

Beton jenis bertulang kerap digunakan dalam konstruksi tahan gempa karena kemampuannya menyerap dan mendistribusikan gaya gempa.

 

Daya Tahan Terhadap Korosi

Beton memang memiliki ketahanan pada korosi, jadi sangat aman untuk pembangunan pada konstruksi di lingkungan dengan suhu dan kelembaban yang tinggi. 

 

Kekurangan

Berat

Beton bertulang cenderung memiliki bobot yang lebih berat daripada baja struktural, yang bisa jadi masalah dalam konstruksi tertentu jika tidak sesuai pada pondasinya. 

 

Biaya Tinggi

Proses pembuatan dan pemasangan beton bertulang seringkali lebih mahal daripada pemasangan dengan baja struktural.

 

b. Baja Struktural

Beton Bertulang vs Baja Struktural

 

Baja struktural merupakan jenis baja yang memiliki sifat mekanis tertentu, seperti kekuatan tarik dan kekuatan tekan yang tinggi. Jenis baja yang digunakan untuk struktur konstruksi, tentunya terdiri dari komposisi kimiawi dan sifat-sifat mekanis sesuai standar kekuatan tertentu.

 

Beton Bertulang vs Baja Struktural

 

Kelebihan

Kekuatan yang Tinggi

Baja struktural sudah teruji dengan daya tahan dan kekuatan yang tinggi. Material ini memungkinkan pembangunan struktur yang ringan dan efisien.

 

Bobot yang Ringan

Baja mempunyai kepadatan yang lebih rendah daripada beton bertulang.  Membuatnya lebih ringan dan mempermudah pembangunan konstruksi.

 

Kekurangan

Rentan terhadap Korosi

Baja mudah terkena korosi atau karat, khususnya jika berada dalam lingkungan lembab atau berada di dekat air laut.

 

Kurang Tahan Gempa

Walau baja memiliki kekuatan yang tinggi, struktur baja mungkin kurang tahan terhadap goncangan gempa daripada penggunaan beton bertulang.

 

 

Perbandingan antara Beton dan Baja Struktural

 

Beton Bertulang vs Baja Struktural

 

Biaya

Dari hal biaya, jenis beton bertulang cenderung lebih mahal dalam hal biaya produksi dan pemasangan dibandingkan dengan baja struktural.

 

Waktu Konstruksi

Beton jenis bertulang perlu waktu lebih lama dalam proses pengeringan dan penguatan dalam pembuatan pondasi bangunan. Sementara baja struktural dapat dipasang dalam waktu yang lebih cepat.

 

Tahan Terhadap Api

Baja struktural lebih unggul dalam tahan terhadap api, sementara beton bertulang bisa mengalami kerusakan karena terpapar panas yang tinggi.

 

Fleksibilitas dalam Desain

Beton jenis bertulang akan lebih fleksibel dalam pemilihan desain, sementara untuk baja dapat memberikan keuntungan dalam berbagai proyek konstruksi khusus. 

 

 

Kesimpulan

 

Jadi, apakah Anda masih bingung memilih antara beton bertulang dan baja struktural? Apapun keputusan Anda dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi, biaya dan hal-hal teknis lainnya. 

 

Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk mendapatkan hasil konstruksi yang optimal dan sesuai kebutuhan Anda dan keluarga tersayang.

 

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia (SIP).

 

SIP menyediakan berbagai produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Baca selengkapnya...
240517kUwG5SZr18Feqzs7ypHCg3ofm4Liht6lON9x0WXbKABDQvcJRYa2VInjMduT.jpg

Pahami Kelebihan Dan Cara Membuat Beton Polimer Di Sini!

10 May 2024

 

Beton menjadi  bahan konstruksi yang sangat umum digunakan di seluruh dunia, memainkan peran penting dalam industri konstruksi. Kemampuan beton untuk mengadopsi berbagai bentuk dan desain membuatnya sangat serbaguna dalam memenuhi kebutuhan konstruksi yang beragam, mulai dari rumah, gedung pencakar langit, hingga jembatan.

 

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi yang mengembangkan jenis-jenis beton baru yang lebih bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap konstruksi yang berbeda-beda. Salah satu jenis beton yang memiliki keunikan tersendiri yaitu beton polimer.

 

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai apa itu beton polimer beserta kelebihan dan cara membuatnya. Simak lengkapnya berikut ini hingga tuntas ya!


 

Baca Juga: Mengenal Tetrapod: Fungsi dan Cara Pemasangannya


 

Apa Itu Beton Polimer?

 

 

Beton polimer merupakan sebuah jenis beton yang dibuat dengan bahan polimer sebagai campuran tambahan untuk menggantikan sedikit dari semen portland. Polimer sendiri merupakan suatu bahan yang berasal dari bahan-bahan seperti polimer sintetis, maupun polimer alami. 

 

Dengan menggabungkan bahan-bahan agregat, air, serta polimer dalam proses pembuatannya, beton polimer yang dihasilkan akan memiliki keunikan serta kelebihan tersendiri dibanding dengan beton konvensional pada umumnya.

 

Selain itu, beton polimer dapat menawarkan kebersihan permukaan yang lebih baik, daya tahan terhadap serangan kimia, dan kemampuan untuk mempertahankan warna dan tekstur yang stabil seiring waktu. 

 

 

Kelebihan Beton Polimer

 

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, beton polimer memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibanding dengan beton konvensional yang umum digunakan pada dunia konstruksi. Berikut uraian lebih lengkapnya.

 

Daya Tahan Mekanis yang Lebih Tinggi

 

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh beton polimer adalah ketangguhannya dalam hal kekuatan mekanis. Melalui pencampuran polimer yang optimal dan seimbang, jenis beton satu ini mampu menahan beban yang berat dan menjaga keutuhan strukturalnya dengan baik. 

 

Kemampuannya dalam menahan beban signifikan membuatnya menjadi salah satu pilihan yang andal untuk berbagai aplikasi konstruksi dan dapat mendukung performa struktural yang optimal dan daya tahan yang lama.

 

Lebih Ringan dan Mudah Dibentuk

 

Dibanding beton konvensional, beton polimer memiliki tingkat kepadatan yang lebih rendah. Sehingga hal ini, menjadi suatu kelebihan yang membuat beton polimer memiliki bobot yang lebih ringan dibanding beton konvensional.

 

Selain itu, beton polimer juga lebih mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Dengan begitu instalasi beton polimer dinilai lebih mudah dan memiliki nilai fleksibilitas yang lebih baik

 

Lebih Tahan Suhu Ekstrim

 

Beton polimer lebih tahan terhadap cuaca ekstrem karena sifat-sifat khusus yang dimilikinya melalui integrasi polimer dalam komposisinya. Polimer memberikan tambahan daya tahan terhadap kondisi cuaca yang keras dengan beberapa sifat-sifat yang terkandung di dalamnya.

 

Lebih Tahan Bahan Kimia dan Korosi

 

Dibanding beton konvensional, beton polimer dinilai lebih tahan terhadap reaksi bahan kimia. Selain itu, ketahanan terhadap korosi merupakan salah satu alasan utama mengapa beton polimer lebih tahan terhadap cuaca ekstrem. 

 

Hal ini disebabkan adanya penambahan polimer dalam komposisinya, sehingga beton polimer mampu menghadapi serangan zat kimia yang umumnya terkandung dalam air hujan atau kelembaban lingkungan.

 

 

Nilai Keunikan Beton Polimer

 

Adapun beberapa nilai keunikan tersendiri dari beton polimer. Berikut adalah beberapa nilai keunikan dari beton polimer.

 

Dapat Didaur Ulang

 

Pembuatan beton polimer sebenarnya memiliki tujuan tertentu. Salah satu tujuan dibuatnya beton polimer yaitu untuk menghasilkan suatu material konstruksi yang dapat didaur ulang. Dengan begitu, beton polimer menjadi salah satu upaya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan meminimalisir jejak karbon.

 

Anti Debu dan Kotoran

Beton polimer merupakan jenis beton yang memiliki permukaan yang lebih halus dan tidak mudah berdebu. Dengan menggunakan beton polimer, tampilan dari suatu bangunan akan menjadi lebih bersih dan tidak mudah kotor.

 

Memberikan Fungsi Kedap Suara

Beton polimer ternyata merupakan suatu material yang dapat menyerap suara dengan baik. Oleh karena itu, beton polimer umumnya sangat dibutuhkan oleh pihak-pihak yang sedang membangun suatu proyek dengan kebutuhan pengendalian suara yang baik.


 

Cara Membuat Beton Polimer
 

Adapun beberapa tahapan cara untuk membuat sebuah beton polimer. Tahapan tersebut meliputi hal-hal berikut ini.

 

Menyiapkan Komposisi Beton Polimer

Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat beton polimer. Bahan-bahan tersebut mencakup semen portland, polimer, bahan pengisi atau agregat, dan air. 

 

Dalam menyiapkan komposisi untuk membuat jenis beton satu ini, Anda perlu memilih bahan baku terbaik untuk menghasilkan beton dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan. Tak lupa, disarankan bagi Anda untuk menggunakan bahan aditif tambahan untuk memaksimalkan kekuatan pada beton polimer.

 

Tahap Pencampuran

Jika bahan-bahan terbaik sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, tahap selanjutnya yaitu mencampurkan bahan-bahan tersebut dengan proporsi yang seimbang dan tepat. 

 

Proses pencampuran ini melibatkan langkah-langkah penambahan air, bahan pengisi, dan polimer dalam urutan yang teratur, bertujuan untuk mencapai keseragaman yang optimal dan kohesi yang tinggi dalam campuran.

 

Proses tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan dengan baik guna menghasilkan bahan konstruksi, seperti beton polimer, yang memenuhi standar kualitas tinggi dan dapat memberikan kinerja yang optimal dalam berbagai aplikasi.

 

Tahap Pengerasan dan Pemadatan

Setelah tahap pencampuran sudah selesai dilakukan, maka Anda dapat masuk pada tahap selanjutnya. Tahap tersebut yaitu tahapan dimana campuran  beton tersebut akan dituang ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga mengeras. 

 

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan bahan pengeras beton berkualitas untuk mempercepat proses pengerasan dan memaksimalkan tahap pemadatan tersebut. Anda dapat menggunakan produk berkualitas dari Sobute. 

 

Tahap Penyimpanan

Setelah mengeras dengan baik, beton polimer harus segera disimpan dalam kondisi yang mendukung dan sesuai. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil akhir dari proses pembuatan beton polimer yang lebih maksimal.


 

Kesimpulan

 

Beton polimer menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan material beton dengan kekuatan tahan korosi dan tahan terhadap bahan kimia serta mudah untuk dibentuk. Selain itu beton polimer menjadi jawaban untuk upaya mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Dalam membuat beton polimer, setiap tahapan harus dilakukan dengan baik guna menghasilkan beton berkekuatan maksimal dan sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.

 

***

Untuk mendukung pembuatan beton dengan kualitas yang baik, Anda dapat menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Sobute siap menyuplai berbagai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Butuh Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi kami.

Baca selengkapnya...
240508YOWUKg8ncVps7qrRHtT6M32CQvJ4BjiNhFSfe5ZxmX9EIozw0DbakG1uPyLl.jpg

Apa Itu Beton Berpori? Pahami Penjelasannya Berikut Ini!

8 May 2024

 

Beton memiliki banyak kelebihan, namun sifat sebagai material padat dan tahan air, membuatnya tak selalu bisa menyerap air. Hal ini menjadi hambatan penggunaan beton pada konstruksi jalan menimbulkan terjadinya banjir jika hujan deras. 

 

Itu sebabnya banyak inovasi diciptakan dari material yang satu ini, demi memenuhi kebutuhan konstruksi. Salah satunya Beton berpori. 

 

 

Baca Juga: Tahan Retak, Ini Fungsi dari Material Komposit Beton

 

 

Seperti apa beton berpori? Berikut penjelasan lengkapnya!

 

 

Pengertian Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

Beton berpori disebut juga pervious concrete yang dapat diartikan sebagai jenis beton yang memiliki pori-pori atau rongga udara di dalam strukturnya.

 

Pori-pori ini dihasilkan dengan berbagai metode pembuatan yang cukup berbeda dari pembuatan beton konvensional, yang terdiri dari semen, pasir, air, agregat halus dan kasar. Letak perbedaannya adalah takaran agregat halus jauh lebih sedikit serta penggunaan adiktif yang diperlukan. 

 

Dengan struktur yang mengandung sejumlah kecil atau gelembung udara terkontrol, beton berpori memiliki karakteristik unik yakni permeabilitas tinggi yang berfungsi meminimalisir air dan menambah penyerapan air tanah. 

 

 

Proses Pembuatan Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

 

a. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan yang sesuai untuk menciptakan pori-pori, seperti bahan agregat kasar dan halus serta bahan adiktif khusus. 

 

b. Pengadukan

Campuran beton dibuat dengan memadukan agregat, semen, air, dan bahan khusus lainnya demi menciptakan permeabilitas dan nilai kekuatan lainnya. Proses pengadukan ini harus dilakukan dengan cermat untuk memastikan distribusi yang merata.

 

c. Pembentukan Pori

Dalam pembentukan pori ke dalam campuran beton, diperlukan bahan pemecah, seperti serat polipropilena dan lainnya. Serat tersebut akan mendukung pembentukan struktur beton dan mencegah keretakan yang berlebihan selama proses pembentukan. 

 

d. Proses Pengerasan

Setelah terjadinya percampuran dalam proses pembentukan pori, beton akan ditempatkan pada cetakan, dibiarkan mengeras hingga menjaga agar pembentukan pori-pori terjadi dengan baik dan alami. 

 

 

Kelebihan Beton Jenis Berpori

 

Beton Berpori

 

 

 

Berat Ringan

Beton jenis ini memiliki berat yang lebih ringan daripada dengan beton konvensional, mengurangi beban struktur dan memudahkan proses konstruksi.

 

Isolasi Termal

Pori-pori udara dapat berfungsi sebagai isolator termal, membantu mengontrol suhu dalam bangunan.

 

Permeabilitas yang Terkontrol

Struktur pori-pori dapat membantu mengontrol permeabilitas beton, mengurangi risiko kebocoran dan kerusakan akibat air.

 

Kekuatan Tinggi 

Kekuatan beton ini dapat diatur dengan mengontrol proporsi bahan dan proses pembentukan pori.

 

Ramah Lingkungan

Beton ini juga termasuk kelas yang ramah lingkungan, karena proses pembuangan air yang lebih mudah. Hal ini yang kerap membuat material ini cocok digunakan untuk pembuatan sumur resapan, sehingga tidak menimbulkan genangan atau banjir.

 

 

Kekurangan Beton Jenis Berpori

 

Kekurangan Kekuatan Tertentu

Beberapa jenis beton jenis berpori bisa jadi mungkin memiliki kekuatan mekanis yang lebih rendah, daripada beton konvensional. Akan tetapi, beton ini memiliki kuat tekan yang sangat rendah. 

 

Proses Produksi yang Rumit

Pembuatan beton berpori terdiri dari beberapa tahapan dan pemilihan bahan yang hati-hati, yang dapat membuat proses pembuatannya lebih rumit dan berbiaya mahal. 

 

 

Fungsi Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

Kualitas Air Tanah Terjaga 

Dengan kemudahan air hujan meresap ke dalam tanah, beton yang memiliki pori akan dapat membantu meningkatkan kualitas air tanah yang sudah bebas sedimen dan polutan, sebelum meresap ke tanah. 

 

Mengurangi Pemanasan Lingkungan 

Penggunaan beton ini dapat membantu mengurangi efek suhu yang panas, karena dapat menyerap panas sekitarnya. 

 

Kebutuhan Saluran Drainase Terjaga 

Dengan kemampuan meresap air, beton jenis berpori dapat mengurangi kebutuhan kebutuhan akan saluran drainase. 

 

 

Kesimpulan

 

Beton berpori menjadi inovasi yang menarik dalam industri konstruksi, menawarkan kombinasi kekuatan, ringan, dan isolasi termal. 

 

Walau memiliki beberapa kekurangan, kelebihan yang ditawarkan membuatnya jadi pilihan menarik untuk berbagai proyek konstruksi. 

 

***

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi Kami.

 

Baca selengkapnya...
240508YjLTk5JyqpVEMOufU0gRF36o7I8KHi21AhnWcmxbQPrdlwDavzs4GCeBSZX9.jpg

Solusi Rawan Banjir! Kenali Apa Itu Beton Terangkat Di Sini!

6 May 2024

 

Musim hujan, yang biasanya terjadi antara bulan November hingga Maret, menjadi periode paling kritis, di mana intensitas hujan dapat menciptakan genangan air di berbagai wilayah kota. Salah satu Kota yang sering kali mengalami banjir yaitu Jakarta.

 

Jakarta seringkali menghadapi tantangan serius akibat banjir yang terjadi secara berkala. Fenomena ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang terbatas. Dalam konteks konstruksi, permasalahan ini menjadi hal yang sangat serius untuk diperhatikan.

 

 

Baca Juga: Apa Itu Sumur Resapan? Ini Fungsi dan Penjelasan Lengkapnya! 

 

 

Oleh karena itu, untuk menghadapi fenomena banjir ini, terdapat salah satu inovasi yang menjadi jawaban dalam mengatasi masalah ini. Inovasi tersebut yaitu beton terangkat. Lalu apa itu beton terangkat? Apa fungsi dan kelebihannya?

 

Yuk temukan jawaban lengkapnya pada pembahasan artikel kali ini!
 

 

Apa Itu Beton Terangkat?

 

Beton Terangkat

 

Beton terangkat merupakan salah satu wujud inovasi yang dikembangkan untuk menghadapi masalah banjir. Beton terangkat diaplikasikan di atas fondasi sebuah bangunan dengan ketinggian lebih dari lantai bangunan atau permukaan tanah.

 

Beton terangkat diterapkan untuk menghasilkan elevasi pada suatu bangunan guna menghadapi resiko banjir yang kerap kali terjadi. Pada dasarnya, beton terangkat memiliki bahan dasar yang sama dengan beton pada umumnya.

 

Namun, beton terangkat lebih difungsikan untuk meninggikan posisi bangunan diatas permukaan maupun lantai dasar tempatnya berdiri.

 

 

Cara Kerja Beton Terangkat

 

Beton terangkat menjadi metode konstruksi yang diperuntukan untuk meninggikan bangunan dari permukaannya. Lebih lanjut, berikut adalah cara kerja dari beton terangkat.

 

Meninggikan Struktur atau Pondasi Bangunan

Sebuah elemen penting dalam konsep beton terangkat adalah fondasi yang terangkat, suatu rancangan yang bertujuan untuk meninggikan struktur bangunan di atas ketinggian permukaan tanah yang memiliki potensi risiko banjir.

 

Menghasilkan Rongga Pada Bawah Bangunan

Beton terangkat dibuat untuk menghasilkan rongga pada bawah bangunan. Dengan begitu, jika terjadi luapan air, maka air tersebut dapat mengalir atau bahkan tertampung pada penampungan yang dihasilkan dari beton terangkat tersebut.

 

Dengan begitu, ruang atau rongga yang dihasilkan beton terangkat, dapat menjadi solusi bagi suatu bangunan yang berada di daerah rawan terjadinya banjir.

 

 

Manfaat Penggunaan Beton Terangkat pada Bangunan

 

Pengaplikasian beton terangkat pada bangunan, diterapkan bukan karena tanpa alasan. Hal ini dikarenakan beton terangkat memiliki manfaat khusus yang membuatnya menjadi inovasi untuk bangunan di daerah rawan banjir.

 

Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

 

Melindungi Bangunan dari Resiko Banjir

Beton Terangkat

 

Dengan beton terangkat, pondasi bangunan akan menjadi lebih tinggi dari permukaan dasarnya. Fondasi yang terangkat, seperti balok beton bertulang atau platform yang ditinggikan, bertindak sebagai benteng pertahanan terhadap intrusi air.Hal ini tentu akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada bangunan dari resiko banjir.

 

Meminimalisir Resiko Kerusakan Struktur

Beton terangkat juga mendukung pengurangan resiko kerusakan pada struktur suatu bangunan. Hal ini dikarenakan struktur pondasi bangunan lebih terangkat dan terlindung dari air banjir yang menggenang.

 

Perlindungan yang Lebih Baik

 

Beton Terangkat

 

Dengan pondasi bangunan yang lebih tinggi, tentu pada saat banjir, air tidak akan masuk kedalam bangunan tersebut. Dengan begitu, penghuni serta barang-barang yang ada di dalam menjadi lebih terlindungi. 

 

Seringkali air yang masuk berpotensi menimbulkan korsleting listrik yang dapat membahayakan penghuni. Terlebih lagi, air yang masuk pasti kotor dan membawa penyakit bagi penghuni. Selain itu, air banjir yang masuk juga berpotensi mengakibatkan barang-barang mengalami kerusakan. 

 

 

Tantangan Membuat Beton Bertingkat

 

Beton bertingkat merupakan sebuah inovasi yang terbilang memiliki tantangan tersendiri untuk diaplikasikan atau dibangun. Tingkat kesulitan untuk membuat beton bertingkat terbilang lebih tinggi dibanding beton konvensional.

 

Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang perlu dihadapi dalam membuat beton bertingkat pada sebuah bangunan.

 

Membutuhkan Keahlian Khusus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembuatan beton bertingkat memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding membuat beton konvensional pada umumnya. 

 

Oleh karena itu, untuk membuat beton bertingkat, dibutuhkan keahlian khusus dan berkompeten. Tak hanya itu, dalam membuat beton bertingkat juga perlu untuk kondisi geologis, hidrologis, dan peraturan konstruksi setempat  guna menghasilkan konstruksi beton bertingkat yang kuat dan maksimal. 

 

Membutuhkan Dukungan Infrastruktur yang Baik

Penggunaan konsep beton terangkat seringkali menuntut pengembangan infrastruktur pendukung yang lebih luas, seperti peningkatan kompleksitas sistem drainase atau penerapan sistem manajemen air hujan yang lebih modern.

 

Butuh Biaya yang Tidak Sedikit

Beton terangkat merupakan inovasi yang sangat membantu untuk menghadapi resiko daerah yang rawan banjir. Banyak manfaat yang dihasilkan untuk suatu bangunan dari beton terangkat. Meskipun begitu, untuk membuat beton terangkat, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi beton terangkat terbilang lebih sulit untuk dibuat,


 

Kesimpulan

 

Beton terangkat merupakan suatu inovasi yang menjadi jawaban untuk bangunan yang berdiri di daerah rawan terjadinya banjir. Beton terangkat mendukung peningkatan ketinggian platform bangunan, sehingga resiko kerusakan bangunan akibat resiko banjir dapat dihindari.
 

***

PT. Sobute Global Indonesia menjadi jawaban bagi Anda yang membutuhkan bahan pendukung untuk menghasilkan beton yang berkualitas.

 

Sobute, siap memenuhi kebutuhan cairan pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Segera Hubungi kami untuk info lengkapnya.

 

Baca selengkapnya...
2405089fnKuPl6y1R2qV7Dk8ILvAUwjOQWxcmZo4beFi0dXpJNBatTGgsCESrz3MY5.jpg

Kekinian! Kenali Plus Minus Rumah Joglo Minimalis Modern

4 May 2024

 

Berencana membangun rumah namun bosan dengan desain yang itu-itu saja? Coba simak artikel berikut ini yuk!

 

Saat membangun rumah, hal yang pertama selain dana, yang harus dipersiapkan adalah desain bangunannya. Jika Anda bosan dengan model rumah pada umumnya, bagaimana dengan perpaduan rumah adat dalam desain yang lebih modern? 

 

Rumah Joglo bisa jadi salah satu pilihannya. Model bangunan rumah adat khas Jawa Tengah ini kini banyak diadopsi menjadi konsep rumah modern, dengan tetap menampilkan arsitektur Indonesia yang kaya akan sejarah dan keindahan. 

 

 

Baca Juga: Ini Ciri Khas Rumah Klasik Indonesia

 

 

Tak perlu bingung, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun desain Rumah Joglo Minimalis Modern. 

 

 

Tips Interior Rumah Joglo Minimalis Modern

 

Rumah Joglo Minimalis Modern 

 

pinterest.com

 

Pemilihan Perabotan Minimalis

Untuk menciptakan harmoni antara konsep tradisional dan minimalis, pemilihan perabotan jadi kunci utamanya. Gunakan perabotan simpel dan kesan bersih, dengan warna nuansa kayu alami khas Joglo.

 

Warna Kalem dan Sentuhan Tradisional

Aplikasikan warna netral dan alami, seperti putih, abu-abu, atau krem pada bagian dinding dan elemen interior lainnya. Bisa juga menambahkan warna emas atau merah untuk memberikan kesan klasik pada ruangan.

 

Rumah Joglo Minimalis Modern

 

behance.net

 

Manfaatkan Ruang Terbuka

Manfaatkan ruang terbuka dalam rumah memang menciptakan suasana yang lapang dan nyaman. Joglo memiliki beberapa ruang terbuka yang dapat digunakan sebagai lahan taman kecil atau kolam kecil, sehingga lebih asri dan alami. 

 

Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat akan menambah suasana arsitektur tradisional dalam ruangan. Selain dari luar, penggunaan lampu gantung yang klasik juga dapat jadi pilihan yang tepat untuk memberikan sentuhan elegan pada rumah.

 

 

Kelebihan dan Kekurangan 

 

Rumah Joglo Minimalis Modern

 

 

a. Kelebihan 

Tradisi dan Modernitas yang Seimbang 

Desain Rumah Joglo yang tampil minimalis dan modern menghadirkan keseimbangan antara nilai tradisional dan estetika modern.

 

Dengan berbagai elemen khas Joglo, seperti atap tinggi berbentuk limas dan kayu jati yang indah, rumah akan menambahkan suasana yang kental dengan budaya, sambil memberikan ruang interior yang bersih dan minimalis.

 

Keterbukaan dan Pencahayaan Alami

Salah satu keunggulan desain jenis ini adalah adanya keterbukaan ruang. Memiliki pintu dan jendela besar, cahaya dari luar akan leluasa masuk dalam rumah, menciptakan suasana hangat dan nyaman. Tak hanya meningkatkan kenyamanan penghuni, namun membantu mengurangi penggunaan listrik. 

 

Fleksibilitas 

Desain Rumah Joglo Minimalis Modern dapat diadaptasi sesuai kebutuhan penghuni. Ruang terbuka yang luas akan memudahkan Anda mengatur interior, dari ruang tamu hingga kamar tidur.

Rumah Joglo Minimalis Modern

 

pinterest.com

 

b. Kekurangan 

Biaya Pembangunan

Walau menawarkan keindahan antara keaslian dan modernitas, biaya pembangunan rumah jenis ini pasti tidak sedikit. Penggunaan material yang berkualitas tinggi dan tenaga kerja profesional yang memahami struktur Joglo tradisional memaksa Anda untuk merogoh kocek lebih dalam daripada konsep rumah minimalis umumnya.

 

Perawatan Ekstra 

Penggunaan kayu jati dan material lainnya, memang memberikan keindahan yang tak tertandingi, namun juga dibarengi dengan perawatan ekstra. Anda perlu perlu secara teratur merawat dan melindungi material dari terpaan cuaca dan hama untuk mempertahankan keelokan dan kekokohan struktur rumah.

 

Penyesuaian Gaya Hidup Modern

Ada tantangan yang harus diperhatikan jika ingin memiliki rumah model ini, yakni kebutuhan akan gaya hidup modern. Anda mungkin akan cukup kesulitan dalam mengintegrasikan perabotan modern dan teknologi modern masa kini yang didominasi oleh elemen-elemen tradisional.

 

Keamanan Struktur Bangunan

Karena terdiri dari banyak material alami, seperti kayu, Anda harus memperhatikan pemasangan struktur dengan seksama. Jika terdapat masalah sedikit, akan mempengaruhi bangunan. Itu sebabnya, Anda harus menggunakan material terbaik, seperti beton untuk menambah kekuatan bangunan. 

 

 

Kesimpulan

 

Desain rumah Joglo minimalis modern akan memadukan kekayaan tradisi dan kemudahan hidup kontemporer. Perhatikan kelebihan dan kekurangannya, serta pemilihan material dan penataan interior yang tepat. 

 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

 

Butuh material beton terbaik? PT. Sobute Global Indonesia menyediakan segala kebutuhan beton dan pondasi. 

 

Percayakan suplai produk pengeras beton berkualitas, bersama kami.

 

Baca selengkapnya...
240508D9LqeBWyudQ0OUzA8bjPmfRF1hrNZock5vXM47tVC3nE2sgaiJIGHYTxSKpl.jpg

Mengenal Apa Itu Fasad Rumah Serta Fungsinya

2 May 2024

 

Fasad rumah merupakan elemen yang sangat penting dalam arsitektur sebuah bangunan. Saat Anda melihat sebuah bangunan, hal pertama yang akan terlihat adalah sisi eksterior, atau disebut Fasad rumah. 

 

Fasad tak hanya berfungsi sebagai pelindung eksterior rumah dari berbagai kondisi cuaca, namun menjadi representasi visual dari karakter dan konsep arsitektur bangunan tersebut. 

 

 

Baca Juga: Ini Plus Minum Punya Rumah Joglo Minimalis Modern

 

 

Yuk kenali pengertian, komponen, hingga jenis-jenis fasad lebih dalam. 

 

 

Apa Itu Fasad Rumah?

 

Fasad Rumah

 

Fasad dapat diartikan sebagai bagian depan atau eksterior suatu bangunan yang terlihat dari luar. Istilah ini berasal dari bahasa Prancis yakni façade yang berarti "wajah" atau "muka". Fasad tak hanya menjadi elemen dekoratif, namun juga menciptakan identitas dan karakter visual suatu bangunan.

 

Komponen Fasad Rumah

 

Fasad rumah terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:

 

Dinding Luar (Exterior Wall)

Bagian ini membentuk kerangka eksterior rumah dan biasanya memiliki peran struktural. Bagin ini menjadi penahan beban atau tekanan bangunan. Selain itu, dapat menjadi penghalang sisi luar untuk merusak sisi dalam bangunan, seperti serangan cuaca ekstrim. 

 

Jendela dan Pintu

Fasad juga mencakup desain dan penempatan jendela dan pintu untuk pencahayaan alami dan akses masuk.

 

Atap (Roof)

Bentuk dan material atap juga berkontribusi pada estetika dan fungsionalitas fasad rumah. Tak hanya itu, atap juga berfungsi menahan beban dan melindungi bagian interior rumah. 

 

Tritisan

Bagian ini disebut sebagai bagian atap tambahan yang berada di bagian atas pintu dan jendela. Sama dengan manfaat dari bagian pintu dan jendela, namun tritisan lebih kepada pencegah masuknya angin, air hujan atau hewan-hewan pengganggu dari sela pintu dan jendela ke dalam rumah.

 

 

Beberapa Fungsi Fasad 

 

Fasad Rumah

 

- Sebagai proteksi yang melindungi interior rumah dari cuaca ekstrem, hujan, panas matahari, angin, dan debu.

- Meningkatkan estetika atau citra visual yang menyenangkan dan sesuai dengan gaya arsitektur rumah.

- Sebagai identitas yang menunjukkan karakter dan kepribadian rumah, bahkan tak jarang mencerminkan preferensi dan gaya pemiliknya.

- Merancang jendela dan ventilasi yang baik untuk memastikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang optimal di dalam rumah.

 

Jenis-Jenis Material Fasad pada Rumah

 

Fasad Rumah

 

Kayu

Material yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi penggunaannya. Bahan kayu yang berkualitas dapat menjaga dan menopang beban dari struktur rumah. Penggunaan kayu juga menambah keindahan fasad yang menenangkan. 

 

Bebatuan

Bebatuan juga banyak digunakan untuk pembuatan fasad rumah. Tak hanya karena kuat dan tahan lama, bebatuan juga dapat menambah keindahan bagian luar rumah dengan tampilan klasik dan mewah. 

 

Keramik

Di Indonesia sendiri, memiliki fasad rumah dengan material keramik sudah hal lazim. Ternyata, kebiasaan ini sudah ada sejak zaman mesir kuno. Selain karena kekuatannya, desain dan ukuran berbagai bentuk dan warna dapat ?menambah nilai estetika fasad rumah Anda. 

 

Baja dan Aluminium

Material ringan dan tahan karat yang umum digunakan untuk bingkai jendela dan pintu.

 

Beton 

Salah satu yang membuat material beton menarik untuk dibuat sebagai fasad bangunan terletak pada kekokohan dan kualitasnya pada bangunan. Namun, agar tidak terkesan monoton, Anda dapat menciptakan finishing pada permainan warna, bentuk dan tekstur khasnya. Bermain dengan tekstur asli material ini dapat menambah daya tarik pada pengaplikasiannya sebagai fasad. 

 

 

Kesimpulan

 

Dalam merancang fasad rumah, pemilihan material begitu penting untuk mencapai kombinasi yang baik antara estetika dan fungsionalitas. Setiap pilihan material akan memberikan dampak pada tampilan keseluruhan fasad, sehingga perlu dipilih dengan hati-hati sesuai kebutuhan pemilik rumah. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Segera Hubungi Kami.

 

Baca selengkapnya...
240429QxkPyn1w4MeGzbrBKlJCRq9SNdhmOLgao8tUY5jVXiHZAfcu36ETW2IpFD07.jpg

Wajib Tahu! Ini Ciri Khas Rumah Klasik Indonesia

30 April 2024

Rumah klasik Indonesia bisa disebut sebagai warisan budaya yang mencerminkan kekayaan sejarah dan seni arsitektur Nusantara. Desain sejenis ini tak hanya menjadi sebuah bentuk fisik, namun juga menyimpan nilai-nilai tradisional yang melibatkan kearifan lokal. 

Mendirikan rumah klasik khas Tanah Air, berbicara tentang menciptakan ruang yang tidak hanya estetis, namun soal keberlanjutan warisan budaya. 

Berikut beberapa ciri khas dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda berencana untuk membangun rumah klasik Indonesia.

 

Simak penjelasan di bawah ini. 

 

Ciri Khas Desain Rumah Klasik di Indonesia

Rumah Klasik Indonesia

istockphoto.com

 

Arsitektur Berdasarkan Tradisi

Rumah klasik umumnya terlihat sisi arsitektur tradisional dengan pemanfaatan elemen-elemen khas, seperti atap limas, serambi, dan tata letak yang mengutamakan sirkulasi udara yang banyak dan lancar. Desain bangunan ini menciptakan iklim interior yang nyaman, apalagi sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

 

Ornamen dan Ukiran Kayu

Kayu menjadi material favorit untuk rumah klasik di Indonesia. Ornamen dan ukiran kayu yang rumit namun indah biasanya menghiasi tiap sudut rumah, dari bagian pintu, jendela, hingga tiang penyangga. Motif-motif ukiran tersebut berkaitan dengan alam, mitologi, atau gambar kehidupan masyarakat sehari-hari.

Rumah Klasik Indonesia

istockphoto.com

Langit-langit Tinggi dan Kolom

Rumah klasik mempunyai bagian langit-langit yang tinggi untuk meningkatkan sirkulasi udara dan menciptakan kesan elegan dan mewah. Kolom-kolom yang kokoh akan berfungsi mendukung atap dan memberikan kesan kuat pada bangunan. 

 

Lantai Keramik 

Lantai rumah klasik tak hanya dilapisi dengan bahan kayu, pilihan keramik tradisional dengan berbagai motif menarik juga bisa digunakan. Pilihan ini akan menambah keindahan dan menjadi elemen dekoratif yang unik. 

 

Halaman dan Taman Dalam Rumah

Rumah klasik juga kerap tampil dengan halaman dan taman dalam rumah, yang difungsikan sebagai tempat berkumpul keluarga. Pepohonan tropis, kolam kecil, dan berbagai elemen alam lainnya dapat digunakan untuk menciptakan suasana yang damai dan asri.

Rumah Klasik Indonesia

istockphoto.com

Dalam Hal Warna 

Tak hanya eksterior, interior juga perlu diperhatikan. Pilihan warna yang tepat akan memberikan pengaruh pada ruangan nuansa klasik. Pertimbangkan warna natural yang nyaman dan menyejukkan atau warna pastel yang menghangatkan. 

 

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan 

 

Rumah Klasik Indonesia

istockphoto.com

Pemilihan Desain 

Sebelum memulai proyek pembangunan, penting untuk tahu gaya dan konsep arsitektur tradisional yang ingin diterapkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memilih dan mengatur dana yang dibutuhkan. 

 

Pemilihan Lokasi yang Tepat

Pemilihan lokasi juga sangat perlu dipertimbangkan. Lokasi yang tepat akan mendukung tata letak yang dibutuhkan bangunan Anda. 

 

Berkonsultasi dengan Ahlinya 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan arsitek ahli yang berpengalaman. merancang rumah klasik memang tidak mudah, perlu perhitungan yang jelas dan memastikan kebutuhan bangunan yang cermat. 

 

Pertimbangkan Keberlanjutan

Walau rumah klasik khas Indonesia mengedepankan sisi natural dan tradisional, Anda perlu mempertimbangkan aspek keberlanjutan. Gunakan bahan yang ramah lingkungan dan penggunaan energi yang efisien.

 

Pemilihan Bahan yang Tepat

Pilihlah bahan konstruksi sesuai dengan tradisi dan iklim setempat. Kayu, batu, keramik, dan bambu menjadi bahan yang umum digunakan dalam membangun rumah klasik. Akan tampak modern, gunakan beton berkualitas tinggi demi kekuatan bangunan yang tahan lama.

 Rumah Klasik Indonesia

istockphoto.com

 

Kesimpulan

Membangun rumah klasik Indonesia tidak hanya tentang menciptakan tempat tinggal yang indah, tetapi juga tentang mempertahankan dan menghormati warisan budaya. 

Dengan tips-tips di atas, rumah klasik Anda akan memberikan kenyamanan dengan gabungan keindahan tradisional dan keberlanjutan modern.

***

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi Kami.

Baca selengkapnya...
Your Message Has Been Sent..