Mengenal Beton Hampa: Inovasi Terkini dalam Industri Konstruksi

Beton jadi material populer di dunia untuk pembangunan, yang dimanfaatkan sesuai kebutuhan konstruksi, seperti bendungan, perumahan hingga gedung bertingkat dan lainnya. 

Dengan penggunaannya yang berperan penting, produk material ini terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Berbagai inovasi terus diciptakan, salah satunya Beton Hampa. 

Beton hampa merupakan salah satu inovasi terkini dalam industri konstruksi. Umumnya, beton ini digunakan untuk pembuatan bangunan besar dan bertingkat. 

Yuk kita bahas lebih dalam mengenai beton hampa, karakteristik, hingga fungsinya. 

 

Karakteristik Beton Hampa

beton hampa

istockphoto.com

Beton hampa bisa dikatakan sebagai jenis beton yang diproses dengan alat vakum khusus untuk menarik air pada adonan, karena kandungan jenis beton ini hanya memiliki kandungan air yang sudah tercampur dengan semen. 

Berikut beberapa karakteristiknya : 

a. Kepadatan yang Rendah

Kepadatannya yang rendah didapatkan dengan mencampurkan cairan pembentuk dalam campuran beton, akan menghasilkan struktur ringan daripada jenis konvensional.

b. Kekuatan Struktural

Walau begitu, beton ini terdiri dari kekuatan struktural yang kuat. Proses produksi yang cermat dengan bahan berkualitas tinggi membuat beton hampa masih menjadi jenis beton sesuai standar untuk bangunan. 

c. Isolasi Termal

Jenis beton hampa ini juga memiliki sifat isolasi termal yang baik, jadi sangat cocok untuk membuat bangunan yang membutuhkan suhu udara yang tepat, seperti gedung tinggi atau gudang penyimpanan.

d. Sebagai Peredaman Suara

Kemampuannya dalam peredaman suara dibandingkan jenis konvensional. Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam proyek-proyek di mana kontrol akustik menjadi pertimbangan penting.

 

Proses Produksi Beton Hampa

beton hampa

istockphoto.com

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan dan campuran beton jenis ini: 

Pemilihan Bahan Baku

Proses dimulai dengan pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi, seperti semen, agregat, dan bahan lainnya yang dibutuhkan. Agar beton ini mengandung kekuatan struktural yang kuat, proporsi bahan harus diatur dengan hati-hati.

Campuran Beton

Langkah selanjutnya adalah mencampurkannya bahan-bahan dengan takaran yang tepat. Lakukan pencampuran dengan merata untuk memastikan semua bahan terdistribusi dengan baik. 

Proses Pengecoran

Setelah campuran beton siap, proses pengecoran dimulai. Bahan dicampur dan diaduk serta dipadatkan. Setelah itu, dilakukan proses penyedotan air dengan vakum khusus, untuk mengurangi air yang tidak bercampur dengan semen, untuk mencegah kerusakan pada hasil beton. 

 

Fungsi-Fungsi Beton Hampa 

beton hampa

istockphoto.com

a. Konstruksi Bangunan Bertingkat

Beton hampa memang khusus digunakan untuk pembangunan gedung pencakar langit atau bangunan beratap tinggi lainnya. Bobot ringan dan kemampuan isolasi termal menjadi pertimbangannya. 

b. Struktur Jembatan 

Dalam proyek infrastruktur pembuatan jembatan, beton jenis ini dapat diaplikasikan untuk mengurangi beban struktural dan meningkatkan daya tahan konstruksi.

c. Pergudangan

Sifat isolasi termal sangat dibutuhkan dalam pembuatan gudang. Itu sebabnya, jenis beton ini cocok digunakan, apalagi dapat menjaga keseimbangan suhu internal dengan tepat. 

 

Kesimpulan

Beton hampa adalah inovasi terkini dalam industri konstruksi, yang menghasilkan kekuatan tinggi pada struktural, walau kepadatan rendah. 

Dengan proses produksi yang hati-hati dan pemilihan bahan yang tepat, beton ini bisa jadi pilihan yang menguntungkan untuk berbagai jenis proyek konstruksi di masa modern ini.

***

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

 


Share

Your Message Has Been Sent..