Apa Itu Beton Berpori? Pahami Penjelasannya Berikut Ini!

 

Beton memiliki banyak kelebihan, namun sifat sebagai material padat dan tahan air, membuatnya tak selalu bisa menyerap air. Hal ini menjadi hambatan penggunaan beton pada konstruksi jalan menimbulkan terjadinya banjir jika hujan deras. 

 

Itu sebabnya banyak inovasi diciptakan dari material yang satu ini, demi memenuhi kebutuhan konstruksi. Salah satunya Beton berpori. 

 

 

Baca Juga: Tahan Retak, Ini Fungsi dari Material Komposit Beton

 

 

Seperti apa beton berpori? Berikut penjelasan lengkapnya!

 

 

Pengertian Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

Beton berpori disebut juga pervious concrete yang dapat diartikan sebagai jenis beton yang memiliki pori-pori atau rongga udara di dalam strukturnya.

 

Pori-pori ini dihasilkan dengan berbagai metode pembuatan yang cukup berbeda dari pembuatan beton konvensional, yang terdiri dari semen, pasir, air, agregat halus dan kasar. Letak perbedaannya adalah takaran agregat halus jauh lebih sedikit serta penggunaan adiktif yang diperlukan. 

 

Dengan struktur yang mengandung sejumlah kecil atau gelembung udara terkontrol, beton berpori memiliki karakteristik unik yakni permeabilitas tinggi yang berfungsi meminimalisir air dan menambah penyerapan air tanah. 

 

 

Proses Pembuatan Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

 

a. Pemilihan Bahan

Pemilihan bahan yang sesuai untuk menciptakan pori-pori, seperti bahan agregat kasar dan halus serta bahan adiktif khusus. 

 

b. Pengadukan

Campuran beton dibuat dengan memadukan agregat, semen, air, dan bahan khusus lainnya demi menciptakan permeabilitas dan nilai kekuatan lainnya. Proses pengadukan ini harus dilakukan dengan cermat untuk memastikan distribusi yang merata.

 

c. Pembentukan Pori

Dalam pembentukan pori ke dalam campuran beton, diperlukan bahan pemecah, seperti serat polipropilena dan lainnya. Serat tersebut akan mendukung pembentukan struktur beton dan mencegah keretakan yang berlebihan selama proses pembentukan. 

 

d. Proses Pengerasan

Setelah terjadinya percampuran dalam proses pembentukan pori, beton akan ditempatkan pada cetakan, dibiarkan mengeras hingga menjaga agar pembentukan pori-pori terjadi dengan baik dan alami. 

 

 

Kelebihan Beton Jenis Berpori

 

Beton Berpori

 

 

 

Berat Ringan

Beton jenis ini memiliki berat yang lebih ringan daripada dengan beton konvensional, mengurangi beban struktur dan memudahkan proses konstruksi.

 

Isolasi Termal

Pori-pori udara dapat berfungsi sebagai isolator termal, membantu mengontrol suhu dalam bangunan.

 

Permeabilitas yang Terkontrol

Struktur pori-pori dapat membantu mengontrol permeabilitas beton, mengurangi risiko kebocoran dan kerusakan akibat air.

 

Kekuatan Tinggi 

Kekuatan beton ini dapat diatur dengan mengontrol proporsi bahan dan proses pembentukan pori.

 

Ramah Lingkungan

Beton ini juga termasuk kelas yang ramah lingkungan, karena proses pembuangan air yang lebih mudah. Hal ini yang kerap membuat material ini cocok digunakan untuk pembuatan sumur resapan, sehingga tidak menimbulkan genangan atau banjir.

 

 

Kekurangan Beton Jenis Berpori

 

Kekurangan Kekuatan Tertentu

Beberapa jenis beton jenis berpori bisa jadi mungkin memiliki kekuatan mekanis yang lebih rendah, daripada beton konvensional. Akan tetapi, beton ini memiliki kuat tekan yang sangat rendah. 

 

Proses Produksi yang Rumit

Pembuatan beton berpori terdiri dari beberapa tahapan dan pemilihan bahan yang hati-hati, yang dapat membuat proses pembuatannya lebih rumit dan berbiaya mahal. 

 

 

Fungsi Beton Berpori

 

Beton Berpori

 

Kualitas Air Tanah Terjaga 

Dengan kemudahan air hujan meresap ke dalam tanah, beton yang memiliki pori akan dapat membantu meningkatkan kualitas air tanah yang sudah bebas sedimen dan polutan, sebelum meresap ke tanah. 

 

Mengurangi Pemanasan Lingkungan 

Penggunaan beton ini dapat membantu mengurangi efek suhu yang panas, karena dapat menyerap panas sekitarnya. 

 

Kebutuhan Saluran Drainase Terjaga 

Dengan kemampuan meresap air, beton jenis berpori dapat mengurangi kebutuhan kebutuhan akan saluran drainase. 

 

 

Kesimpulan

 

Beton berpori menjadi inovasi yang menarik dalam industri konstruksi, menawarkan kombinasi kekuatan, ringan, dan isolasi termal. 

 

Walau memiliki beberapa kekurangan, kelebihan yang ditawarkan membuatnya jadi pilihan menarik untuk berbagai proyek konstruksi. 

 

***

Butuh beton berkualitas tinggi, pastikan menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

 

Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi Kami.

 


Share

Your Message Has Been Sent..