Kuat dan Praktis! Kenalan dengan Self Compacting Concrete

Beton memainkan peran krusial sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan. Salah satu bentuk inovasi dari bahan konstruksi ini yaitu self compacting concrete.

Lalu apa itu, self compacting concrete? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai self compacting concrete. Agar tidak bingung, simak pembahasan kali ini dengan seksama dan hingga tuntas ya!. Yuk, kita mulai pembahasannya.
 

Apa Itu Self Compacting Concrete?

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Self compacting concrete atau bisa disebut dengan beton SCC, merupakan sebuah inovasi dalam dunia konstruksi yang berupa sebuah jenis beton dengan kemampuan pemadatan secara mandiri dan mengendap ke dalam bagian bekisting.

Self Compacting Concrete menjadi jawaban untuk situasi yang membutuhkan teknologi konstruksi beton berkualitas dengan proses pelaksanaannya yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan berat dari cetakan SCC membuatnya mampu melakukan pemadatan dengan sendirinya tanpa adanya bantuan dari alat penggetar. 

Beton SCC harus dalam kondisi homogen, tidak mengalami segregasi, serta harus mengalami blocking dan bleeding yang baik.

 

Bahan Dasar Self Compacting Concrete (SCC)

Tentu saja, self compacting concrete dibuat dengan beberapa bahan dasar. Berikut ini adalah bahan-bahan dasar pembuatan self compacting concrete

 

Semen Portland

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Bahan utama dari pembuatan SCC tentu saja yaitu berupa semen portland. Semen ini merupakan jenis semen yang paling umum digunakan dalam dunia konstruksi. Untuk menghasilkan SCC, Anda dapat menggunakan semen portland dengan mutu 43 atau 53.

 

Campuran Agregat

Selain cemen portland, campuran agregat juga menjadi bahan dasar untuk membuat self compacting concrete. Anda dapat menggunakan agregat dengan ukuran maksimal 20mm.

Namun, jika tulangan struktur yang digunakan cukup padat, maka Anda menggunakan agregat dengan ukuran 10mm hingga 12mm. 

Pilihan terbaik adalah menggunakan agregat yang terdistribusi dengan baik, baik dalam bentuk bulat maupun kubus. Baik itu agregat alam atau buatan.

 

Abu Terbang

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Fly ash diperoleh dari residu pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Materi ini berbentuk butiran halus yang ringan, berbentuk bundar, non-porus, memiliki kandungan bahan semen yang tinggi, dan menunjukkan sifat pozzolanik. Bahan ini menjadi bahan dasar pendukung yang dapat meningkatkan kualitas SCC.

Bahan Tambahan Kimia

Penambahan bahan kimia menjadi salah satu kunci untuk mengurangi air dalam jumlah besar dan menghasilkan beton dengan kualitas yang tinggi. Penggunaan bahan kimia tambahan pada campuran pembuatan beton SCC juga dapat mengurangi pori-pori pada permukaan beton, sehingga beton SCC yang dihasilkan lebih kedap terhadap air

 

Karakteristik Self Compacting Concrete (SCC)

Karakteristik dari beton SCC harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini.

  1. Filling Ability, yaitu mampu mengalir dan mengisi setiap bagian bekisting dengan beratnya.

  2. Passing Ability, yaitu beton SCC harus mampu untuk mengalir melalui celah- celah setiap besi tulangan atau bagian-bagian yang sempit dari cetakan tanpa terjadi adanya segregasi atau blocking

  3. Segregation Ability, yaitu beton SCC harus tetap terjaga dalam keadaan komposisi yang homogen selama waktu transportasi sampai pada pengecoran.
     

Kelebihan Self Compacting Concrete

Penggunaan beton SCC memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Waktu pengerjaan menjadi lebih cepat

  2. Penggunaan tenaga kerja dan waktu menjadi lebih efisien

  3. Proses pengecoran menjadi lebih mudah

  4. Struktur yang dihasilkan lebih kuat

  5. Proses finishing lantai menjadi lebih mudah untuk dilakukan karena pelat yang dihasilkan sangat halus.

Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan apabila ingin menggunakan beton SCC. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Mahalnya biaya pembuatan beton SCC

  2. Bekisting beton tidak boleh mengalami kebocoran

  3. Pembuatan beton harus sesuai dengan syarat flowability dan tidak boleh mengalami segregasi

 

Kesimpulan

Beton SCC atau self compacting concrete merupakan sebuah inovasi dan menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan beton berkualitas dengan pengerjaan yang lebih praktis dan cepat. Setiap kelebihan dari jenis beton ini menjadi alasan mengapa beton SCC kerap digunakan dalam dunia konstruksi.

Namun, penggunaan beton SCC juga harus dipertimbangkan terkait beberapa hal terutama pada harganya yang terbilang tidak murah.

 

***

 

Apabila Anda membutuhkan beton dengan kualitas terbaik, PT. Sobute Global Indonesia hadir untuk membantu.

Dengan dibantu oleh tangan-tangan profesional, Sobute siap menyuplai produk pengeras beton berkualitas untuk seluruh wilayah Indonesia
 

Butuh Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi kami.


Share

Your Message Has Been Sent..