Pahami Kelebihan dan Cara Membuat Beton Polimer di Sini!

 

Beton menjadi  bahan konstruksi yang sangat umum digunakan di seluruh dunia, memainkan peran penting dalam industri konstruksi. Kemampuan beton untuk mengadopsi berbagai bentuk dan desain membuatnya sangat serbaguna dalam memenuhi kebutuhan konstruksi yang beragam, mulai dari rumah, gedung pencakar langit, hingga jembatan.

 

Saat ini, sudah banyak inovasi-inovasi yang mengembangkan jenis-jenis beton baru yang lebih bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap konstruksi yang berbeda-beda. Salah satu jenis beton yang memiliki keunikan tersendiri yaitu beton polimer.

 

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih dalam mengenai apa itu beton polimer beserta kelebihan dan cara membuatnya. Simak lengkapnya berikut ini hingga tuntas ya!


 

Baca Juga: Mengenal Tetrapod: Fungsi dan Cara Pemasangannya


 

Apa Itu Beton Polimer?

 

 

Beton polimer merupakan sebuah jenis beton yang dibuat dengan bahan polimer sebagai campuran tambahan untuk menggantikan sedikit dari semen portland. Polimer sendiri merupakan suatu bahan yang berasal dari bahan-bahan seperti polimer sintetis, maupun polimer alami. 

 

Dengan menggabungkan bahan-bahan agregat, air, serta polimer dalam proses pembuatannya, beton polimer yang dihasilkan akan memiliki keunikan serta kelebihan tersendiri dibanding dengan beton konvensional pada umumnya.

 

Selain itu, beton polimer dapat menawarkan kebersihan permukaan yang lebih baik, daya tahan terhadap serangan kimia, dan kemampuan untuk mempertahankan warna dan tekstur yang stabil seiring waktu. 

 

 

Kelebihan Beton Polimer

 

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, beton polimer memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibanding dengan beton konvensional yang umum digunakan pada dunia konstruksi. Berikut uraian lebih lengkapnya.

 

Daya Tahan Mekanis yang Lebih Tinggi

 

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki oleh beton polimer adalah ketangguhannya dalam hal kekuatan mekanis. Melalui pencampuran polimer yang optimal dan seimbang, jenis beton satu ini mampu menahan beban yang berat dan menjaga keutuhan strukturalnya dengan baik. 

 

Kemampuannya dalam menahan beban signifikan membuatnya menjadi salah satu pilihan yang andal untuk berbagai aplikasi konstruksi dan dapat mendukung performa struktural yang optimal dan daya tahan yang lama.

 

Lebih Ringan dan Mudah Dibentuk

 

Dibanding beton konvensional, beton polimer memiliki tingkat kepadatan yang lebih rendah. Sehingga hal ini, menjadi suatu kelebihan yang membuat beton polimer memiliki bobot yang lebih ringan dibanding beton konvensional.

 

Selain itu, beton polimer juga lebih mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Dengan begitu instalasi beton polimer dinilai lebih mudah dan memiliki nilai fleksibilitas yang lebih baik

 

Lebih Tahan Suhu Ekstrim

 

Beton polimer lebih tahan terhadap cuaca ekstrem karena sifat-sifat khusus yang dimilikinya melalui integrasi polimer dalam komposisinya. Polimer memberikan tambahan daya tahan terhadap kondisi cuaca yang keras dengan beberapa sifat-sifat yang terkandung di dalamnya.

 

Lebih Tahan Bahan Kimia dan Korosi

 

Dibanding beton konvensional, beton polimer dinilai lebih tahan terhadap reaksi bahan kimia. Selain itu, ketahanan terhadap korosi merupakan salah satu alasan utama mengapa beton polimer lebih tahan terhadap cuaca ekstrem. 

 

Hal ini disebabkan adanya penambahan polimer dalam komposisinya, sehingga beton polimer mampu menghadapi serangan zat kimia yang umumnya terkandung dalam air hujan atau kelembaban lingkungan.

 

 

Nilai Keunikan Beton Polimer

 

Adapun beberapa nilai keunikan tersendiri dari beton polimer. Berikut adalah beberapa nilai keunikan dari beton polimer.

 

Dapat Didaur Ulang

 

Pembuatan beton polimer sebenarnya memiliki tujuan tertentu. Salah satu tujuan dibuatnya beton polimer yaitu untuk menghasilkan suatu material konstruksi yang dapat didaur ulang. Dengan begitu, beton polimer menjadi salah satu upaya untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan meminimalisir jejak karbon.

 

Anti Debu dan Kotoran

Beton polimer merupakan jenis beton yang memiliki permukaan yang lebih halus dan tidak mudah berdebu. Dengan menggunakan beton polimer, tampilan dari suatu bangunan akan menjadi lebih bersih dan tidak mudah kotor.

 

Memberikan Fungsi Kedap Suara

Beton polimer ternyata merupakan suatu material yang dapat menyerap suara dengan baik. Oleh karena itu, beton polimer umumnya sangat dibutuhkan oleh pihak-pihak yang sedang membangun suatu proyek dengan kebutuhan pengendalian suara yang baik.


 

Cara Membuat Beton Polimer
 

Adapun beberapa tahapan cara untuk membuat sebuah beton polimer. Tahapan tersebut meliputi hal-hal berikut ini.

 

Menyiapkan Komposisi Beton Polimer

Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebelum membuat beton polimer. Bahan-bahan tersebut mencakup semen portland, polimer, bahan pengisi atau agregat, dan air. 

 

Dalam menyiapkan komposisi untuk membuat jenis beton satu ini, Anda perlu memilih bahan baku terbaik untuk menghasilkan beton dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan. Tak lupa, disarankan bagi Anda untuk menggunakan bahan aditif tambahan untuk memaksimalkan kekuatan pada beton polimer.

 

Tahap Pencampuran

Jika bahan-bahan terbaik sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, tahap selanjutnya yaitu mencampurkan bahan-bahan tersebut dengan proporsi yang seimbang dan tepat. 

 

Proses pencampuran ini melibatkan langkah-langkah penambahan air, bahan pengisi, dan polimer dalam urutan yang teratur, bertujuan untuk mencapai keseragaman yang optimal dan kohesi yang tinggi dalam campuran.

 

Proses tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan dengan baik guna menghasilkan bahan konstruksi, seperti beton polimer, yang memenuhi standar kualitas tinggi dan dapat memberikan kinerja yang optimal dalam berbagai aplikasi.

 

Tahap Pengerasan dan Pemadatan

Setelah tahap pencampuran sudah selesai dilakukan, maka Anda dapat masuk pada tahap selanjutnya. Tahap tersebut yaitu tahapan dimana campuran  beton tersebut akan dituang ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga mengeras. 

 

Disarankan bagi Anda untuk menggunakan bahan pengeras beton berkualitas untuk mempercepat proses pengerasan dan memaksimalkan tahap pemadatan tersebut. Anda dapat menggunakan produk berkualitas dari Sobute. 

 

Tahap Penyimpanan

Setelah mengeras dengan baik, beton polimer harus segera disimpan dalam kondisi yang mendukung dan sesuai. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil akhir dari proses pembuatan beton polimer yang lebih maksimal.


 

Kesimpulan

 

Beton polimer menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan material beton dengan kekuatan tahan korosi dan tahan terhadap bahan kimia serta mudah untuk dibentuk. Selain itu beton polimer menjadi jawaban untuk upaya mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Dalam membuat beton polimer, setiap tahapan harus dilakukan dengan baik guna menghasilkan beton berkekuatan maksimal dan sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.

 

***

Untuk mendukung pembuatan beton dengan kualitas yang baik, Anda dapat menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Sobute siap menyuplai berbagai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Butuh Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi kami.


Share

Your Message Has Been Sent..