Solusi Rawan Banjir! Kenali Apa Itu Beton Terangkat di Sini!

 

Musim hujan, yang biasanya terjadi antara bulan November hingga Maret, menjadi periode paling kritis, di mana intensitas hujan dapat menciptakan genangan air di berbagai wilayah kota. Salah satu Kota yang sering kali mengalami banjir yaitu Jakarta.

 

Jakarta seringkali menghadapi tantangan serius akibat banjir yang terjadi secara berkala. Fenomena ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang terbatas. Dalam konteks konstruksi, permasalahan ini menjadi hal yang sangat serius untuk diperhatikan.

 

 

Baca Juga: Apa Itu Sumur Resapan? Ini Fungsi dan Penjelasan Lengkapnya! 

 

 

Oleh karena itu, untuk menghadapi fenomena banjir ini, terdapat salah satu inovasi yang menjadi jawaban dalam mengatasi masalah ini. Inovasi tersebut yaitu beton terangkat. Lalu apa itu beton terangkat? Apa fungsi dan kelebihannya?

 

Yuk temukan jawaban lengkapnya pada pembahasan artikel kali ini!
 

 

Apa Itu Beton Terangkat?

 

Beton Terangkat

 

Beton terangkat merupakan salah satu wujud inovasi yang dikembangkan untuk menghadapi masalah banjir. Beton terangkat diaplikasikan di atas fondasi sebuah bangunan dengan ketinggian lebih dari lantai bangunan atau permukaan tanah.

 

Beton terangkat diterapkan untuk menghasilkan elevasi pada suatu bangunan guna menghadapi resiko banjir yang kerap kali terjadi. Pada dasarnya, beton terangkat memiliki bahan dasar yang sama dengan beton pada umumnya.

 

Namun, beton terangkat lebih difungsikan untuk meninggikan posisi bangunan diatas permukaan maupun lantai dasar tempatnya berdiri.

 

 

Cara Kerja Beton Terangkat

 

Beton terangkat menjadi metode konstruksi yang diperuntukan untuk meninggikan bangunan dari permukaannya. Lebih lanjut, berikut adalah cara kerja dari beton terangkat.

 

Meninggikan Struktur atau Pondasi Bangunan

Sebuah elemen penting dalam konsep beton terangkat adalah fondasi yang terangkat, suatu rancangan yang bertujuan untuk meninggikan struktur bangunan di atas ketinggian permukaan tanah yang memiliki potensi risiko banjir.

 

Menghasilkan Rongga Pada Bawah Bangunan

Beton terangkat dibuat untuk menghasilkan rongga pada bawah bangunan. Dengan begitu, jika terjadi luapan air, maka air tersebut dapat mengalir atau bahkan tertampung pada penampungan yang dihasilkan dari beton terangkat tersebut.

 

Dengan begitu, ruang atau rongga yang dihasilkan beton terangkat, dapat menjadi solusi bagi suatu bangunan yang berada di daerah rawan terjadinya banjir.

 

 

Manfaat Penggunaan Beton Terangkat pada Bangunan

 

Pengaplikasian beton terangkat pada bangunan, diterapkan bukan karena tanpa alasan. Hal ini dikarenakan beton terangkat memiliki manfaat khusus yang membuatnya menjadi inovasi untuk bangunan di daerah rawan banjir.

 

Berikut adalah manfaat-manfaatnya.

 

Melindungi Bangunan dari Resiko Banjir

Beton Terangkat

 

Dengan beton terangkat, pondasi bangunan akan menjadi lebih tinggi dari permukaan dasarnya. Fondasi yang terangkat, seperti balok beton bertulang atau platform yang ditinggikan, bertindak sebagai benteng pertahanan terhadap intrusi air.Hal ini tentu akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada bangunan dari resiko banjir.

 

Meminimalisir Resiko Kerusakan Struktur

Beton terangkat juga mendukung pengurangan resiko kerusakan pada struktur suatu bangunan. Hal ini dikarenakan struktur pondasi bangunan lebih terangkat dan terlindung dari air banjir yang menggenang.

 

Perlindungan yang Lebih Baik

 

Beton Terangkat

 

Dengan pondasi bangunan yang lebih tinggi, tentu pada saat banjir, air tidak akan masuk kedalam bangunan tersebut. Dengan begitu, penghuni serta barang-barang yang ada di dalam menjadi lebih terlindungi. 

 

Seringkali air yang masuk berpotensi menimbulkan korsleting listrik yang dapat membahayakan penghuni. Terlebih lagi, air yang masuk pasti kotor dan membawa penyakit bagi penghuni. Selain itu, air banjir yang masuk juga berpotensi mengakibatkan barang-barang mengalami kerusakan. 

 

 

Tantangan Membuat Beton Bertingkat

 

Beton bertingkat merupakan sebuah inovasi yang terbilang memiliki tantangan tersendiri untuk diaplikasikan atau dibangun. Tingkat kesulitan untuk membuat beton bertingkat terbilang lebih tinggi dibanding beton konvensional.

 

Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang perlu dihadapi dalam membuat beton bertingkat pada sebuah bangunan.

 

Membutuhkan Keahlian Khusus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembuatan beton bertingkat memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibanding membuat beton konvensional pada umumnya. 

 

Oleh karena itu, untuk membuat beton bertingkat, dibutuhkan keahlian khusus dan berkompeten. Tak hanya itu, dalam membuat beton bertingkat juga perlu untuk kondisi geologis, hidrologis, dan peraturan konstruksi setempat  guna menghasilkan konstruksi beton bertingkat yang kuat dan maksimal. 

 

Membutuhkan Dukungan Infrastruktur yang Baik

Penggunaan konsep beton terangkat seringkali menuntut pengembangan infrastruktur pendukung yang lebih luas, seperti peningkatan kompleksitas sistem drainase atau penerapan sistem manajemen air hujan yang lebih modern.

 

Butuh Biaya yang Tidak Sedikit

Beton terangkat merupakan inovasi yang sangat membantu untuk menghadapi resiko daerah yang rawan banjir. Banyak manfaat yang dihasilkan untuk suatu bangunan dari beton terangkat. Meskipun begitu, untuk membuat beton terangkat, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi beton terangkat terbilang lebih sulit untuk dibuat,


 

Kesimpulan

 

Beton terangkat merupakan suatu inovasi yang menjadi jawaban untuk bangunan yang berdiri di daerah rawan terjadinya banjir. Beton terangkat mendukung peningkatan ketinggian platform bangunan, sehingga resiko kerusakan bangunan akibat resiko banjir dapat dihindari.
 

***

PT. Sobute Global Indonesia menjadi jawaban bagi Anda yang membutuhkan bahan pendukung untuk menghasilkan beton yang berkualitas.

 

Sobute, siap memenuhi kebutuhan cairan pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Segera Hubungi kami untuk info lengkapnya.

 


Share

Your Message Has Been Sent..