Apa Itu Beton Decking SNI? Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini!

Beton decking merupakan salah satu elemen penting dalam dunia konstruksi modern, yang memainkan peran krusial dalam mendukung keberlanjutan dan kekokohan struktural sebuah bangunan. Decking beton menjadi umum untuk digunakan karena dinilai memiliki kestabilan dan kekuatan yang baik.

Dengan ukuranya yang terbilang kecil, decking beton merupakan jenis material yang tidak bisa disepelekan. Karena, nyatanya penggunaan material ini menjadi solusi untuk membuat sebuah bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. 

Perlu diketahui juga, meskipun ukurannya kecil, pemasangan beton decking tidak bisa dilakukan dengan semena-mena. Terdapat perihal yang perlu untuk diperhatikan dalam proses pemasangannya.

Lebih lanjut, artikel ini akan memaparkan penjelasan seputar beton decking. Simak penjelasan lengkap berikut ini hingga tuntas ya!


 

Mengenal Apa Itu Beton Decking

Betin Decking SNI

pinterest.com

 

Beton decking adalah jenis beton dengan wujud yang menyerupai bentuk silinder dengan ukuran yang lebih kecil. Selain berbentuk silinder, beton decking juga dapat berbentuk kubus. Dalam penggunaanya, varian tebal beton decking berbeda-beda dan menyesuaikan ketebalan dari selimut beton yang akan digunakan dalam suatu pembangunan.

Beton decking juga merupakan jenis decking yang terbuat dari sisa-sisa pekerjaan pengecoran. Beton ini dibuat dengan menggunakan cetakan berbahan PVC serta disertakan kawat bendrat pada bagian dalam cetakan tersebut. 

Beton decking merupakan sebuah solusi bagi para kontraktor dalam membangun bangunan yang lebih kuat dan kokoh. Hal ini dikarenakan terdapat beragam kualitas beton decking yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Terlebih lagi, saat ini tersedia juga beton decking dengan kekuatan hingga mencapai 40 Mpa yang lebih kuat dan tidak mudah hancur.

 

Fungsi Beton Decking

Betin Decking SNI

pinterest.com

Penggunaan beton decking didasari oleh fungsinya yang terbilang sangat berperan dalam mendukung kekokohan dari suatu bangunan.

Beton decking tidak hanya berperan sebagai elemen struktural utama, tetapi juga memegang peran vital dalam menjaga konsistensi ketebalan selimut beton, yang merupakan lapisan pelindung pada permukaan beton. Ketebalan selimut beton yang sesuai dengan spesifikasi awal sangat penting dan diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kestabilan struktur bangunan.

Tak hanya itu, beton decking juga berfungsi sebagai pelindung bagi besi tulangan yang terdapat dalam konstruksi. Proteksi terhadap besi tulangan sangat vital karena besi tulangan yang terkena karat dapat mengakibatkan penurunan kekuatan struktural dan bahkan dapat membahayakan integritas keseluruhan bangunan.

Oleh karena itu, beton decking dinilai sangat berperan dalam mendukung kekokohan fisik, serta dapat memberikan perlindungan pada ketebalan selimut beton dan perlindungan terhadap besi tulangan.

 

Kelebihan Penggunaan Beton Decking SNI

Berikut ini adalah adalah kelebihan dari penggunaan beton decking SNI
 

Kualitas Struktur yang Lebih Terjamin

Beton decking dikenal karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Beton ini  mampu menahan beban berat dengan baik dan memberikan stabilitas struktural yang lebih optimal. Dengan begitu, beton decking menjadi pilihan yang  ideal untuk diaplikasikan pada pembuatan lantai bangunan, jembatan, dan platform industri.

Selain itu, penggunaan beton decking yang sesuai dengan SNI menjamin kualitas material yang digunakan dalam konstruksi. Hal ini berkontribusi pada keamanan struktur bangunan, memastikan bahwa material memenuhi standar kekuatan dan ketahanan yang ditetapkan.

 

Daya Tahan yang Lebih Tinggi

Penggunaan beton decking SNI juga dapat meningkatkan daya tahan material terhadap tekanan, beban dinamis. Selain itu, beton decking SNI dinilai lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca ekstrem dan lingkungan yang terbilan ekstrim. Material ini tidak mudah terpengaruh oleh perubahan suhu, kelembaban, atau radiasi UV, sehingga struktur dan kekuatannya dapat bertahan dalam jangka panjang.

 

Kesimpulan

Beton decking menjadi sebuah solusi bagi para kontraktor yang ingin menghasilkan bangunan dengan struktur yang kuat dan kokoh. 

Meskipun bentuknya kecil, Beton decking tidak hanya berperan sebagai elemen struktural utama, tetapi juga memegang peran vital dalam menjaga konsistensi ketebalan selimut beton, yang merupakan lapisan pelindung pada permukaan beton. 

 

***
 

Untuk mendukung kekuatan pada struktur serta pondasi pada bangunan, Anda membutuhkan beton dengan kualitas terbaik. 

PT. Global Sobute Indonesia, siap menyuplai produk pengeras beton dengan mutu kualitas terpercaya ke seluruh wilayah Indonesia. 

Segera Hubungi Kami untuk info selengkapnya.


Share

Your Message Has Been Sent..