Artikel

240419SLXl7k9aQpMP2zDABGuOEKt3TfcbYV5CwN1soi0J6xHFrmeZWRh8Ig4Uyvjd.jpg

Ingin Tangga Beton Rumah Kecil Yang Indah? Cek Model-Modelnya Disini!

12 April 2024

Memiliki rumah yang kecil bukan berarti tidak bisa disematkan beberapa elemen-elemen arsitektur yang indah dan fungsional hanya karena alasan lahan yang sempit. Rumah yang kecil juga dapat disematkan elemen arsitektur yang cantik dan fungsional lho!

 

Jika Anda memiliki rumah yang kecil namun ingin membangunnya menjadi dua lantai, maka Anda tentunya membutuhkan elemen struktur tangga untuk memudahkan penghuni mengakses lantai atas. 

 

Selain itu, untuk menghasilkan suatu tangga dengan kekuatan yang sangat baik, Anda dapat menggunakan beton sebagai bahan dasarnya. Namun tentu saja menyematkan sebuah tangga juga perlu mempertimbangkan desainnya agar tidak merusak estetika pada ruangan secara keseluruhan.

 

Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan mengulas tentang inspirasi model tangga beton yang dapat disematkan pada rumah kesayangan Anda. Yuk kita mulai pembahasannya!


 

Mengapa Harus Tangga Beton?

 

Istockphoto.com

 

Tangga beton menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah tangga dengan ketahanan yang kuat pada strukturnya. Dengan sifat dari bahan dasarnya yang berupa beton, tangga beton dinilai lebih aman dalam menerima beban yang diterima pada saat dilalui.

 

Lebih lanjut, tangga beton juga memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan waktu. Dibandingkan dengan materi tangga lainnya, beton lebih tahan terhadap deformasi atau kerusakan yang mungkin disebabkan oleh faktor eksternal seperti hujan, panas, atau perubahan suhu. 

 

Keberlanjutan dan keawetan tangga beton dapat membantu Anda dalam mengurangi biaya untuk melakukan pemeliharaan jangka panjang. Selain itu, karena sifat dari beton yang sudah kuat, tangga beton dapat dibuat dengan ukuran yang kecil tanpa harus mengkhawatirkan kekuatannya. 

 

Sehingga hal ini dapat mendukung pemanfaatan ruang yang lebih baik daripada tangga dengan struktur yang lebih besar. Dengan kata lain, tangga beton dapat diterapkan ke dalam desain interior tanpa memberikan dampak yang signifikan terhadap luas ruang yang terbatas.

 

Model-Model Tangga Beton

 

Setelah memahami alasan mengapa harus menggunakan tangga beton, berikut ini adalah model-model tangga beton yang dapat Anda terapkan untuk rumah kesayangan.

 

Tangga Beton Kombinasi Lemari

 

arcadiadesain.com

 

Bagi Anda yang ingin memiliki tangga beton dengan memaksimalkan ruang yang tersisa, tangga beton kombinasi lemari menjadi jawabannya. Tangga ini dibangun dengan ukuran yang terbilang kecil namun dikombinasikan dengan ruang penyimpanan yang tertutup. 

 

Sehingga, tangga ini tidak hanya menggunakan ruang yang kecil namun juga dapat memanfaatkan ruang yang tersisa tepatnya pada bagian bawahnya. Selain terlihat minimalis dan manis, tangga beton ini juga dapat memberikan kesan yang simpel dan rapi pada rumah.

 

 

Tangga Beton Kombinasi Pagar Kaca

Pinterest.com

 

Tangga beton dengan kombinasi pagar kaca menambahkan sentuhan modern dan estetika yang elegan pada desain interior atau eksterior rumah. Dengan struktur beton yang kokoh sebagai dasar, tangga ini menciptakan kesan keseluruhan yang kuat dan tahan lama.

 

Lebih lanjut, Pagar kaca dapat Anda gunakan sebagai elemen transparan pada sisi tangga untuk memberikan tampilan yang terbuka dan memperluas pandangan ruangan. 

 

Kombinasi tangga beton dengan pagar kaca ini tidak hanya memberikan kesan ruang terbuka, tetapi juga memungkinkan pencahayaan alami untuk meresap ke dalam setiap sudut tangga, serta menciptakan kesan yang lebih luas dan bergaya.

 

Tangga Beton Kombinasi Marmer

Pinterest.com

 

Salah satu desain tangga beton yang dapat Anda terapkan pada rumah dengan luas yang tak begitu besar yaitu tangga beton dengan kombinasi marmer. Tangga beton dengan kombinasi lantai marmer dapat Anda terapkan pada rumah untuk mendukung kesan yang mewah dan lebih eksklusif.

 

Lantai marmer dengan tekstur dan pola alaminya berpotensi dalam menambah elemen estetika yang elegan dan klasik. Kombinasi antara kekerasan beton dan keindahan alami lantai marmer menciptakan harmoni yang unik serta kekuatan struktur yang baik.

 

Dengan lantai marmer yang bersinar dan beton yang solid, tangga ini menjadi titik fokus yang menakjubkan dalam ruang interior, memberikan nuansa kemewahan yang tahan lama.

 

Tangga Beton Ekspos

Pinterst.com

 

Bagi Anda yang menginginkan sebuah desain tangga beton yang terlihat simpel namun anti mainstream, tangga beton ekspos menjadi salah satu pilihan desain yang dapat diterapkan. 

 

Tangga beton ekspos memiliki karakter permukaan yang kasar namun sesuai untuk desain rumah yang mengusung tema kontemporer.

 

Setiap sisi tangga menampilkan detail tekstur, cetakan, dan pola unik dari beton, menambahkan karakter yang kuat pada ruang interior atau eksterior. Terlebih lagi, tangga beton ekspor memiliki desain yang alami dan tidak membutuhkan elemen pelengkap seperti keramik dan lain-lainnya. Sehingga biaya untuk membuat tangga beton ekspos dinilai lebih murah.

 

Tangga Beton Gantung

 

Salah satu desain tangga beton yang dapat Anda terapkan untuk mendukung keindahan pada ruangan rumah Anda yaitu tangga beton gantung. Tangga beton gantung dapat Anda terapkan untuk menambah kesan minimalis pada interior rumah. 

 

Selain itu, tangga ini dapat memberikan ilusi bahwa anak tangga melayang di ruang dengan penopang yang tidak terlihat.

 

Desain tangga inovatif ini tidak hanya berfungsi sebagai elemen untuk transportasi antar tingkat, tetapi juga sebagai karya seni kontemporer yang memperkaya ruang sekitarnya.


 

Kesimpulan

 

Menentukan desain tangga untuk rumah dua lantai dengan luas yang tidak terlalu besar menjadi hal yang cukup krusial untuk dilakukan. Selain menjadi alat transportasi antar lantai, tangga juga dapat berpengaruh pada desain keseluruhan interior rumah. 

 

Oleh karena itu pemilihan desain harus dilakukan dengan penuh pertimbangan agar keserasian pada desain interior dan desain tangga dapat menyatu dan serasi.

 

***

 

Untuk mendapatkan beton dengan kualitas yang baik, Anda dapat menggunakan obat pengeras beton berkualitas dari PT. Sobute Global Indonesia.

 

Sobute siap menyuplai berbagai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.


Butuh Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi Kami.

Baca selengkapnya...
240419bgUh6j4n3cd1C5kHFxiRlQPfoKXpG0Tu9BAsqJONWa8IrVL7wMvmSDteZYzE.jpg

Mengenal Lebih Jauh Integral Waterproofing Pada Campuran Beton

10 April 2024

Walau menjadi material konstruksi pilihan untuk berbagai bangunan dan infrastruktur lainnya, penggunaan beton tetap memiliki tantangan tersendiri, khususnya pada ketahanan terhadap air dan kelembaban.

Untuk mengatasi masalah ini, konsep campuran beton integral waterproofing menjadi solusi yang ditawarkan. Apa itu integral waterproofing pada beton? 

Yuk kita pahami bersama!

 

Pengertian Integral Waterproofing

istockphoto.com

Integral waterproofing adalah proses penggabungan bahan khusus atau additive dalam campuran beton yang digunakan untuk meningkatkan ketahanannya terhadap air dan kelembaban. 

Dengan cara ini, material beton lebih kedap air atau bersifat anti-air tak hanya di lapisan permukaan beton, namun di struktur beton. Sehingga, campuran beton integral waterproofing memberikan perlindungan lebih pada bagian atap bangunan, dinding, plat lantai dan lainnya. 

 

Kelebihan Integral Waterproofing

istockphoto.com

Perlindungan Menyeluruh

Metode ini dapat memberikan perlindungan menyeluruh pada struktur beton karena bersifat kedap air. Hal ini mengurangi risiko adanya kebocoran atau kerusakan akibat kelembaban dan penetrasi air.

 

Peningkatan Kekuatan Beton

Integral waterproofing tentunya akan menambah kekuatan dan ketahanan pada beban struktur bangunan. 

Biaya Lebih Terjangkau 

Ketahanan dan kuat tekan dan tarik pada bangunan, akan menjadi investasi jangka panjang sehingga biaya perawatan dapat diminimalkan secara signifikan.

Fleksibilitas dan Aplikasi yang Mudah 

Campuran beton dengan metode ini memberikan fleksibilitas dalam desain struktur, serta kemudahan dalam aplikasi pada saat proses pembangunan. 

 

Jenis-Jenis Integral Waterproofing

istockphoto.com

Hidrofilik 

Sistem ini menghasilkan waterproofing dengan metode kristalisasi sebagai pengganti air yang ditambahkan langsung ke campuran beton. 

Hidrofobik 

Jenis yang satu ini diolah dengan sistem memakai asam lemak untuk menutupi pori-pori beton, sehingga air tidak akan masuk. 

 

Syarat Umum Melakukan Metode Integral Waterproofing Pada Beton 

 

  • Terdiri dari kandungan semen pada beton sekitar 350 kg/m3

  • Water Cement Ratio < 0,45

  • Slump beton yakni 6 sampai 10 cm

  • Campuran beton dan test slump yang sesuai dengan spesifikasi dan syarat, akan diaplikasikan ke struktur bangunan dengan pompa beton. 

Pelaksanaan Integral Waterproofing

istockphoto.com

Campuran beton dengan integral waterproofing memiliki sifat yang kedap air , yang kemudian di test slump dengan nilai harus sekitar 10 +/-2 cm. Kemudian material akan dimasukkan dalam truck mixer dan diputar beberapa menit untuk mencampurkan adonan bahan dengan rata. 

Selanjutnya dilakukan test slump selanjutnya dengan syarat nilai sekitar 14 sampai 18 cm. Penggunaan waterproofing ini diaplikasikan sesuai kebutuhan, seperti pada dinding, bekisting, dan lainnya. Setelah dilakukan pengecoran beton, dilanjutkan dengan perawatan atau curing beton. Kemudian, tutup permukaan beton dengan kain atau penutup yang basah untuk menjaga kelembaban area beton. 

 

Kesimpulan

 

Integral waterproofing adalah langkah maju dalam industri konstruksi yang memberikan solusi holistik terhadap masalah ketahanan air pada beton. Kelebihan yang ditawarkan oleh integral waterproofing, menjadikannya pilihan yang cerdas untuk proyek konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap air yang optimal.

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
240419tSrxsmP1NyXBczqjwdoDgl56C0HfaGJLuOvKUQhAIREWY3nTM92p4V7Zbk8F.jpg

Cara Memilih Pelapis Anti Bocor Terbaik Untuk Dak Beton

8 April 2024

Dak beton bisa disebut sebagai pelindung dalam konstruksi berbagai bangunan. Dak beton bisa menjadi atap yang menjaga rumah dari serangan hujan dan panas. 

Namun, masalah kebocoran kerap menjadi masalah pada bagian dak. Untuk mencegah dan mengatasinya, penggunaan pelapis anti bocor jadi salah satu solusi yang tepat. 

Ada banyak produk cat pelapis yang bisa Anda gunakan. Agar tidak bingung, ikut beberapa cara memilih pelapis anti bocor untuk dak beton yang bisa dicoba. 

 

Cara Memilih Pelapis Anti Bocor Terbaik

istockphoto.com

Pahami Jenis Dak Beton Anda

Sebelum memilih cat pelapis, Anda wajib mengetahui jenis dak beton yang ada di rumah. Apakah itu atap beton bertulang, beton pracetak, atau jenis lainnya. Tiap jenis dak pasti butuh perbaikan dan perlakuan yang berbeda dalam pemilihan pelapis anti bocor.

Tinjau Kondisi Lingkungan

Lingkungan sekitar juga berperan penting dalam menentukan jenis pelapis anti bocor yang akan digunakan. Daerah dengan curah hujan tinggi atau mudah berubah suhu ekstrem pasti butuh pelapis yang tahan. 

Perhatikan Sifat Fleksibilitas 

Pelapis anti bocor yang digunakan sebaiknya memiliki sifat elastis. Hal ini akan memudahkan dalam penyesuaian diri untuk pergerakan struktur bangunan tanpa adanya keretakan dan pecah.

Tahan Debu dan Kotoran 

Pemilihan cat juga dinilai dari kualitas akan menangani debu yang menempel. Pilih yang mudah dibersihkan dan tidak butuh perawatan ekstra. 

Tahan Terhadap Sinar UV

Paparan sinar UV sangat bisa merusak cat pelapis. Jadi, pastikan pelapis yang digunakan berdaya tahan tinggi terhadap sinar UV untuk memastikan masa pakai yang lebih lama.

Cek Isolasi Panas dan Suara

Pelapis anti bocor yang baik biasanya dapat memberikan isolasi panas dan suara. Hal ini tak hanya akan melindungi bangunan dari kebocoran, namun memberikan kenyamanan pada termal dan akustik dalam bangunan.

 

Jenis-Jenis Pelapis Anti Bocor Dak Beton

istockphoto.com

Waterproofing Membrane

Jenis yang satu ini berbentuk gulungan atau lembaran berbahan dasar fiber. Penggunaan jenis ini mudah diaplikasikan dan dapat memberikan ketahanan tinggi pada dak atau dinding beton bangunan, dari rembesan air atau kebocoran. 

Waterproofing Coating

Jenis selanjutnya adalah Waterproofing Coating. Pelapis yang satu ini bertekstur mirip cat, karena lebih kental. Biasanya pelapis ini diaplikasikan dengan menggunakan kuas. 

Polyurethane/Poliuretan 

Pelapis poliuretan atau PU menawarkan sifat elastis yang sangat baik dengan sifat cair, sehingga butuh pengencer saat digunakan. Pelapis ini juga tahan terhadap sinar UV dan memiliki daya tahan kimia yang baik.

Pelapis Akrilik

Pelapis ini berbahan dasar akrilik yang berbentuk cat dengan tekstur lebih kental. Pelapis akrilik mudah diaplikasikan dan cepat kering, sehingga populer diaplikasikan pada bangunan. 

Tips Membeli Pelapis Anti Bocor 

istockphoto.com

Konsultasikan dengan Ahlinya

Jangan ragu menanyakan saran ahli, jika Anda masih ragu dengan cat pelapis yang tepat untuk bangunan. Sebelum membeli pelapis anti bocor, minta saran dari para pekerja profesional, dan ceritakan kondisi dan kebutuhan bangunan.

Sertifikasi dari Produsen

Pastikan Anda membeli cat pelapis dari produsen dengan sertifikasi yang diakui dan pengalaman yang cukup dalam industri bangunan. Hal ini menjamin kualitas produk dan pelayanan terbaik.

Bandingkan Harga dan Kualitas

Lakukan juga perbandingan harga dari berbagai merk pelapis, namun jangan lupakan kualitas. Investasi untuk pelapis anti bocor yang berkualitas akan membantu Anda menghemat biaya renovasi yang lebih banyak di masa mendatang. 

Perhatikan Ulasan Pengguna

Baca juga ulasan atau testimoni dari para pelanggan agar tidak membuat Anda salah membeli. Selain itu, bisa juga menambah pengetahuan terkait kandungan dari pelapis dan kinerja penjual. 

Perhatikan Garansi

Pilih pelapis anti bocor pada dak dengan garansi yang memadai. Garansi akan menambah keamanan Anda dalam menggunakan produk tersebut, termasuk menjadi pembuktian kualitas barang dari produsen tersebut. 

 

Kesimpulan 

Dengan memahami cara memilih pelapis anti bocor untuk dak beton, termasuk jenis-jenisnya, Anda dapat mengambil langkah proaktif dalam melindungi bangunan dari kebocoran yang mungkin terjadi.

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
240419GmXaZCqeOtgAvJLUuyNVxdK8iTocDP56lzFjEWY3QS42IMRHnbwhk71rBp0f.jpg

Melihat Inspirasi Desain Pagar Tembok Untuk Rumah Anda!

6 April 2024

Rumah yang indah tentunya adalah rumah yang memiliki penampilan yang menarik dan terkonsep pada seluruh bagian-bagiannya. Bagian-bagian tersebut dapat mencakup fasad hingga interior pada rumah. Rumah yang indah dan menawan tentu sudah menjadi keinginan bagi setiap pemiliknya. 

 

Oleh karena itu, desain pada setiap bagian rumah perlu dilakukan pertimbangan untuk menentukan mana yang paling menarik dan sesuai. Hal ini tidak terkecuali untuk pagar rumah. Selain fungsinya, pagar juga digunakan untuk menambah keindahan dan keselarasan desain suatu rumah

 

Dalam pembahasan artikel ini, kita akan mengulas tentang fungsi dari pagar rumah serta inspirasi desain-desain pagar tembok yang menarik untuk Anda terapkan pada rumah kesayangan. Yuk kita mulai pembahasannya!


 

Fungsi Pagar Tembok pada Rumah

Istockphoto.com


 

Pagar tembok pada rumah memiliki berbagai fungsi yang sangat penting dalam konteks keamanan, privasi, dan estetika. 

 

Tentu saja, salah satu fungsi utama pagar tembok adalah sebagai pelindung fisik yang dapat mencegah terjadinya kehilangan pada barang atau orang asing yang masuk untuk melakukan hal kriminal.

 

Selain itu, pagar tembok juga digunakan untuk meningkatkan privasi penghuni rumah agar lebih nyaman untuk melakukan aktivitas setiap harinya. Lebih lanjut, disamping fungsi utamanya yang digunakan untuk menjaga keamanan serta privasi, pagar tembok dibangun sedemikian rumah untuk mendukung nilai estetika.

 

Pemilihan desain tembok yang sesuai dapat meningkatkan penampilan keseluruhan rumah, menciptakan tampilan yang lebih elegan atau sesuai dengan gaya arsitektur yang diinginkan.


 

Perencanaan Membuat Pagar Tembok

 

Untuk membuat pagar tembok dengan fungsi yang maksimal dan menawan, perlu bagi Anda untuk melakukan perencanaan pembuatannya. Adapun beberapa aspek perencanaan yang dapat Anda lakukan yakni sebagai berikut.

 

Perencanaan Lokasi

 

Perencanaan lokasi menjadi hal yang penting karena hal ini perlu untuk memastikan pagar tembok dapat memberikan keamanan maksimal dan sekaligus mempertahankan tampilan estetis rumah. 

 

Perencanaan Spesifikasi

Perencanaan spesifikasi dapat meliputi beberapa hal. Diantaranya yaitu berupa penentuan ketinggian serta kekokohan dari pagar tembok yang akan dibangun. Hal ini menjadi perlu untuk menghasilkan suatu pagar tembok yang indah namun dengan kualitas ketahanan struktur yang baik.
 

Perencanaan Desain

Setelah menentukan lokasi dan spesifikasi pada pagar tembok yang akan dibangun, perencanaan terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu perencanaan desain. Hal ini diperlukan untuk menghasilkan pagar tembok yang memiliki desain menarik dan indah serta selaras dengan desain rumah secara keseluruhan.


 

Desain-Desain Pagar Tembok

Setelah kita memahami fungsi dan bagaimana perencanaan dalam membuat dan membangun sebuah pagar tembok, maka berikutnya adalah pembahasan seputar desain-desain pagar tembok yang dapat diterapkan pada rumah kesayangan Anda.

 

Berikut adalah inspirasi desain-desainnya.


 

Pagar Tembok Roster

Pinterest.com

 

Untuk mengimbangi desain rumah yang simpel dan elegan, Anda dapat menerapkan desain pagar tembok dengan dinding roster pada bagian tengahnya. Pagar ini tidak hanya memberikan keamanan serta privasi pada bagian dalam rumah, namun juga dapat mencegah masuknya cahaya matahari secara berlebih.

 

Sehingga pagar tembok roster dapat menjadi salah satu pilihan desain pagar bagi Anda yang menginginkan pagar tembok yang simpel namun tetap mempertimbangkan fungsi sebagai nilai utamanya.

 

Pagar Tembok Berbatu

Pinterest.com

 

Pagar tembok berbatu adalah suatu karya seni arsitektur yang tidak hanya menjalankan fungsi keamanan, tetapi juga memberikan pesona estetika yang memikat. Pagar tembok berbatu dibangun dengan menggunakan batu alam yang dipilih dengan cermat. Sehingga pagar tembok ini dapat menghasilkan privasi yang maksimal dan keindahan yang lebih alami.

 

Pagar Tembok Beton

 

 

Pagar tembok beton menjadi salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan pagar tembok dengan ketahanan yang paling kuat dengan kombinasi keindahan estetika yang dapat meningkatkan penampilan keseluruhan desain rumah.

 

Penggunaan pagar tembok beton dinilai cocok dengan rumah bergaya industrial atau modern minimalis. Selain itu pagar tembok beton dapat menimbulkan kesan maskulin pada rumah Anda. 

 

Oleh karena itu, Dengan pemilihan warna, tekstur, dan desain yang tepat, tembok beton dapat menjadi elemen yang memperkaya estetika dan memberikan daya tarik visual yang tahan lama pada desain rumah.

 

Pagar Tembok dengan Air Mancur Mewah

 

Pagar tembok dengan air mancur yang mewah dapat Anda terapkan sebagai desain pagar tembok yang tidak biasa namun terkesan lebih menarik. Pagar tembok yang dilengkapi dengan air mancur mewah menciptakan sebuah desain yang luar biasa, memadukan unsur-unsur fungsionalitas, estetika, dan keindahan alam. 

 

Desain pagar tembok ini dapat menciptakan suasana yang elegan dan menyajikan tampilan yang unik di sekitar area pagar. Pada bagian atas pagar, air mancur dapat diposisikan secara artistik dengan aliran air secara lembut dan membentuk suatu pola yang indah.

 

Pagar Tembok dengan Aksen Kayu

Pinterest.com

 

Desain pagar tembok dengan aksen kayu menciptakan kombinasi yang menawan antara kekuatan tembok dan kehangatan alami kayu. 

 

Desain pagar tembok ini menjadi pilihan bagi Anda untuk memberikan rumah tampilan yang unik dan estetika yang hangat, menciptakan keseimbangan antara elemen modern dan nuansa alami. 

 

Penempatan kayu sebagai aksen pada pagar, dapat difungsikan sebagai palang horizontal atau vertikal, menciptakan pola atau tekstur yang menarik pada tembok. Jenis kayu yang digunakan, seperti kayu keras atau kayu yang diperlakukan khusus untuk daya tahan, memberikan tampilan yang elegan dan kekarakteran yang khas.

 

Pagar tembok dengan aksen kayu bukan hanya memberikan keamanan dan batasan fisik, tetapi juga menciptakan estetika yang hangat, ramah, dan alami pada rumah.


 

Kesimpulan

 

Pagar tembok dibutuhkan bagi suatu rumah untuk meningkatkan keamanan serta privasi pada rumah tersebut. Namun pagar tembok juga menjadi salah satu aspek yang paling berpengaruh pada keindahan serta keselarasan pada desain suatu rumah.

 

Oleh karena itu membangun sebuah tembok rumah, harus didasari pada perencanaan yang matang agar rumah dapat terlindungi dengan baik serta memiliki fasad yang indah.

 

***

 

Jika Anda membutuhkan beton dengan kualitas tinggi, Sobute hadir untuk membantu.

 

PT. Sobute Global Indonesia siap membantu Anda dengan menyuplai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Butuh info lebih lanjut? Segera Hubungi kami.

 

Baca selengkapnya...
240404bydSjAYsCzEcW8aB9fJlhFTvZueqUXw3QInGmH4trRN1ix2KVL06pkOo7MP5.jpg

Menilik Desain Dan Karakteristik Khas Rumah Stil Bali, Tertarik Mencoba?

4 April 2024

Bali merupakan pulau sejuta keindahan alam dan budaya. Tak hanya alamnya yang unik, namun juga ciri khas dalam arsitektur tradisionalnya. 

Rumah Bali sering disebut sebagai Rumah Stil Bali, yakni hunian yang mencerminkan kekayaan budaya dan spiritualitas masyarakatnya. Tak mengherankan, desainnya sudah banyak diaplikasikan untuk hunian modern saat ini. 

Seperti apa karakteristik dan elemen utama dari Rumah Stil Bali? Yuk simak artikel ini sampai selesai ya!

 

Karakteristik Rumah Stil Bali

Rumah Stil Bali

istockphoto.com

a. Bentuk dan Tata Letak

Rumah ala Bali ini umumnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang, dengan atap menjulang tinggi dan melengkung ke bagian atas. Tata letaknya berdasarkan konsep tri mandala, yakni utara (nista mandala), tengah (madya mandala), dan selatan (uttama mandala).

b. Bahan Bangunan

Bahan bangunan utama yang digunakan pada bangunan, adalah jenis alami seperti kayu dan batu alam. Kayu diperuntukkan pada struktur dan ornamen, sementara batu alam sebagai dasar bangunan dan tembok. 

c. Atap Alang-Alang

Yang paling ikonik dari rumah ini adalah bagian atap alang-alang atau sirap. Atap tersebut dari anyaman daun alang-alang yang mampu menjaga bangunan dari perlindungan sinar matahari dan hujan. Selain itu, atap ini memungkinkan melancarkan sirkulasi udara yang baik dalam rumah.

d. Taman dan Halaman Luas:

Rumah Bali selalu hadir dengan tanaman hijau yang indah di halaman luas. Konsep ini menampilkan suasana tropis yang membuat suasana dalam dan luar rumah lebih harmonis dan menyatu dengan alam. 

e. Ukiran 

Ukiran dan patung menjadi unsur seni yang wajib dimasukkan dalam hunian desain rumah Bali. Namun, jangan ragu memasukkan sentuhan modern di dalamnya, seperti pada perabotan hingga dekorasi interior. 

 

Elemen Rumah Stil Bali

Rumah Stil Bali

istockphoto.com

a. Bale Bengong

Bale bengong bisa disebut sebagai area terbuka yang digunakan untuk tempat bersantai bersama keluarga. Bangunan ini terletak di tengah taman yang dekat dengan taman. 

b. Candi Bentar

Candi bentar merupakan gerbang tradisional Bali dengan dua tiang untuk menopang balok horizontal pada sisi gerbang. Gerbang ini ada di bagian pintu masuk yang menjadi simbol spiritual. 

c. Meru

Meru adalah bangunan bertingkat yang melambangkan gunung suci dalam kepercayaan Hindu. Meru dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang dianggap suci atau ruang tempat ibadah.

d. Kolam dan Pura

Sudah bukan rahasia lagi, jika rumah khas Bali akan selalu disertai dengan kolam atau tirta, sebagai lambang sumber air suci yang menyejukkan rumah secara menyeluruh. 

Tak hanya air mancur dan kolam, Pura yang menjadi tempat suci ibadah Hindu, juga kerap didirikan di halaman rumah sebagai penyertaan dan simbol hubungan spiritual.

 

Desain Untuk Interior Rumah Bali

Rumah Stil Bali

istockphoto.com

a. Furnitur Kayu

Furnitur dalam rumah Bali umumnya berbahan kayu yang dipahat dengan indah. Kayu berkualitas tinggi dan desain yang rumit akan menampilkan interior yang mewah. 

b. Batik dan Tenun

Anda bisa menempatkan kain tradisional Bali, seperti batik dan tenun, untuk dekorasi atau furnitur, seperti gorden, taplak meja dan lainnya. 

c. Patung dan Ukiran

Selain kain batik Bali, penempatan patung-patung Hindu dan ukiran kayu akan menambah keindahan desain interior hunian Anda. 

e. Sentuhan Tanaman dan Pencahayaan

Tanaman hias dan bunga segar ditambah dengan pencahayaan yang menarik menjadi elemen penting dalam desain interior Bali. Tak hanya untuk menambahkan keindahan visual, namun juga menciptakan suasana yang segar dan alami.

Rumah Stil Bali

istockphoto.com

 

Penutup

Rumah Stil Bali merupakan karya seni yang memadukan kekayaan budaya dan nilai spiritual dengan estetika yang elegan, baik dari bentuk fisik hingga desain interiornya. 

Jadi, apakah Anda tertarik mengadopsi desain rumah Bali untuk hunian Anda? Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya! 

***

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
2404025A4g6Cv1NWHLKtqzswuG7Orj0Vk9oPERafBDYySMZpUI32iFQe8TmhJldbXx.jpg

Mengenal Beton Hampa: Inovasi Terkini Dalam Industri Konstruksi

2 April 2024

Beton jadi material populer di dunia untuk pembangunan, yang dimanfaatkan sesuai kebutuhan konstruksi, seperti bendungan, perumahan hingga gedung bertingkat dan lainnya. 

Dengan penggunaannya yang berperan penting, produk material ini terus dikembangkan sesuai kebutuhan. Berbagai inovasi terus diciptakan, salah satunya Beton Hampa. 

Beton hampa merupakan salah satu inovasi terkini dalam industri konstruksi. Umumnya, beton ini digunakan untuk pembuatan bangunan besar dan bertingkat. 

Yuk kita bahas lebih dalam mengenai beton hampa, karakteristik, hingga fungsinya. 

 

Karakteristik Beton Hampa

beton hampa

istockphoto.com

Beton hampa bisa dikatakan sebagai jenis beton yang diproses dengan alat vakum khusus untuk menarik air pada adonan, karena kandungan jenis beton ini hanya memiliki kandungan air yang sudah tercampur dengan semen. 

Berikut beberapa karakteristiknya : 

a. Kepadatan yang Rendah

Kepadatannya yang rendah didapatkan dengan mencampurkan cairan pembentuk dalam campuran beton, akan menghasilkan struktur ringan daripada jenis konvensional.

b. Kekuatan Struktural

Walau begitu, beton ini terdiri dari kekuatan struktural yang kuat. Proses produksi yang cermat dengan bahan berkualitas tinggi membuat beton hampa masih menjadi jenis beton sesuai standar untuk bangunan. 

c. Isolasi Termal

Jenis beton hampa ini juga memiliki sifat isolasi termal yang baik, jadi sangat cocok untuk membuat bangunan yang membutuhkan suhu udara yang tepat, seperti gedung tinggi atau gudang penyimpanan.

d. Sebagai Peredaman Suara

Kemampuannya dalam peredaman suara dibandingkan jenis konvensional. Ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam proyek-proyek di mana kontrol akustik menjadi pertimbangan penting.

 

Proses Produksi Beton Hampa

beton hampa

istockphoto.com

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan dan campuran beton jenis ini: 

Pemilihan Bahan Baku

Proses dimulai dengan pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi, seperti semen, agregat, dan bahan lainnya yang dibutuhkan. Agar beton ini mengandung kekuatan struktural yang kuat, proporsi bahan harus diatur dengan hati-hati.

Campuran Beton

Langkah selanjutnya adalah mencampurkannya bahan-bahan dengan takaran yang tepat. Lakukan pencampuran dengan merata untuk memastikan semua bahan terdistribusi dengan baik. 

Proses Pengecoran

Setelah campuran beton siap, proses pengecoran dimulai. Bahan dicampur dan diaduk serta dipadatkan. Setelah itu, dilakukan proses penyedotan air dengan vakum khusus, untuk mengurangi air yang tidak bercampur dengan semen, untuk mencegah kerusakan pada hasil beton. 

 

Fungsi-Fungsi Beton Hampa 

beton hampa

istockphoto.com

a. Konstruksi Bangunan Bertingkat

Beton hampa memang khusus digunakan untuk pembangunan gedung pencakar langit atau bangunan beratap tinggi lainnya. Bobot ringan dan kemampuan isolasi termal menjadi pertimbangannya. 

b. Struktur Jembatan 

Dalam proyek infrastruktur pembuatan jembatan, beton jenis ini dapat diaplikasikan untuk mengurangi beban struktural dan meningkatkan daya tahan konstruksi.

c. Pergudangan

Sifat isolasi termal sangat dibutuhkan dalam pembuatan gudang. Itu sebabnya, jenis beton ini cocok digunakan, apalagi dapat menjaga keseimbangan suhu internal dengan tepat. 

 

Kesimpulan

Beton hampa adalah inovasi terkini dalam industri konstruksi, yang menghasilkan kekuatan tinggi pada struktural, walau kepadatan rendah. 

Dengan proses produksi yang hati-hati dan pemilihan bahan yang tepat, beton ini bisa jadi pilihan yang menguntungkan untuk berbagai jenis proyek konstruksi di masa modern ini.

***

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

 

Baca selengkapnya...
240328rPlGDHjRpLmcKZYeoagFhqTi9yfJ2Wxw1nOuECNVdAI6k4SzMtQsXv0UB578.jpg

Kuat Dan Praktis! Kenalan Dengan Self Compacting Concrete

30 March 2024

Beton memainkan peran krusial sebagai bahan konstruksi dalam pembangunan. Salah satu bentuk inovasi dari bahan konstruksi ini yaitu self compacting concrete.

Lalu apa itu, self compacting concrete? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai self compacting concrete. Agar tidak bingung, simak pembahasan kali ini dengan seksama dan hingga tuntas ya!. Yuk, kita mulai pembahasannya.
 

Apa Itu Self Compacting Concrete?

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Self compacting concrete atau bisa disebut dengan beton SCC, merupakan sebuah inovasi dalam dunia konstruksi yang berupa sebuah jenis beton dengan kemampuan pemadatan secara mandiri dan mengendap ke dalam bagian bekisting.

Self Compacting Concrete menjadi jawaban untuk situasi yang membutuhkan teknologi konstruksi beton berkualitas dengan proses pelaksanaannya yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan berat dari cetakan SCC membuatnya mampu melakukan pemadatan dengan sendirinya tanpa adanya bantuan dari alat penggetar. 

Beton SCC harus dalam kondisi homogen, tidak mengalami segregasi, serta harus mengalami blocking dan bleeding yang baik.

 

Bahan Dasar Self Compacting Concrete (SCC)

Tentu saja, self compacting concrete dibuat dengan beberapa bahan dasar. Berikut ini adalah bahan-bahan dasar pembuatan self compacting concrete

 

Semen Portland

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Bahan utama dari pembuatan SCC tentu saja yaitu berupa semen portland. Semen ini merupakan jenis semen yang paling umum digunakan dalam dunia konstruksi. Untuk menghasilkan SCC, Anda dapat menggunakan semen portland dengan mutu 43 atau 53.

 

Campuran Agregat

Selain cemen portland, campuran agregat juga menjadi bahan dasar untuk membuat self compacting concrete. Anda dapat menggunakan agregat dengan ukuran maksimal 20mm.

Namun, jika tulangan struktur yang digunakan cukup padat, maka Anda menggunakan agregat dengan ukuran 10mm hingga 12mm. 

Pilihan terbaik adalah menggunakan agregat yang terdistribusi dengan baik, baik dalam bentuk bulat maupun kubus. Baik itu agregat alam atau buatan.

 

Abu Terbang

Self Compacting Concrete

Istockphoto.com

Fly ash diperoleh dari residu pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Materi ini berbentuk butiran halus yang ringan, berbentuk bundar, non-porus, memiliki kandungan bahan semen yang tinggi, dan menunjukkan sifat pozzolanik. Bahan ini menjadi bahan dasar pendukung yang dapat meningkatkan kualitas SCC.

Bahan Tambahan Kimia

Penambahan bahan kimia menjadi salah satu kunci untuk mengurangi air dalam jumlah besar dan menghasilkan beton dengan kualitas yang tinggi. Penggunaan bahan kimia tambahan pada campuran pembuatan beton SCC juga dapat mengurangi pori-pori pada permukaan beton, sehingga beton SCC yang dihasilkan lebih kedap terhadap air

 

Karakteristik Self Compacting Concrete (SCC)

Karakteristik dari beton SCC harus memenuhi beberapa kriteria berikut ini.

  1. Filling Ability, yaitu mampu mengalir dan mengisi setiap bagian bekisting dengan beratnya.

  2. Passing Ability, yaitu beton SCC harus mampu untuk mengalir melalui celah- celah setiap besi tulangan atau bagian-bagian yang sempit dari cetakan tanpa terjadi adanya segregasi atau blocking

  3. Segregation Ability, yaitu beton SCC harus tetap terjaga dalam keadaan komposisi yang homogen selama waktu transportasi sampai pada pengecoran.
     

Kelebihan Self Compacting Concrete

Penggunaan beton SCC memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Waktu pengerjaan menjadi lebih cepat

  2. Penggunaan tenaga kerja dan waktu menjadi lebih efisien

  3. Proses pengecoran menjadi lebih mudah

  4. Struktur yang dihasilkan lebih kuat

  5. Proses finishing lantai menjadi lebih mudah untuk dilakukan karena pelat yang dihasilkan sangat halus.

Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan apabila ingin menggunakan beton SCC. Diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Mahalnya biaya pembuatan beton SCC

  2. Bekisting beton tidak boleh mengalami kebocoran

  3. Pembuatan beton harus sesuai dengan syarat flowability dan tidak boleh mengalami segregasi

 

Kesimpulan

Beton SCC atau self compacting concrete merupakan sebuah inovasi dan menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan beton berkualitas dengan pengerjaan yang lebih praktis dan cepat. Setiap kelebihan dari jenis beton ini menjadi alasan mengapa beton SCC kerap digunakan dalam dunia konstruksi.

Namun, penggunaan beton SCC juga harus dipertimbangkan terkait beberapa hal terutama pada harganya yang terbilang tidak murah.

 

***

 

Apabila Anda membutuhkan beton dengan kualitas terbaik, PT. Sobute Global Indonesia hadir untuk membantu.

Dengan dibantu oleh tangan-tangan profesional, Sobute siap menyuplai produk pengeras beton berkualitas untuk seluruh wilayah Indonesia
 

Butuh Informasi lebih lanjut? Segera Hubungi kami.

Baca selengkapnya...
240328zQwAOXtDqc4sg6KTpLSblnFmuRjo7N2PeyvIhJWfGBEV358kZrxM9aU1HdY0.jpg

Kegunaan Beton Dalam Bangunan: Intip Jenis Ragam Mutu Dan Syaratnya

28 March 2024

Beton sudah menjadi pilihan yang populer dalam kegiatan konstruksi selama puluhan tahun. Kini, beton banyak mengalami perubahan dan pengembangan, dari cara tradisional hingga secara modern. 

Namun, tahukah Anda apa saja kegunaan beton dalam bangunan sesuai dengan ragam mutunya? 

Mari kita bahas selengkapnya! 

Kegunaan Beton dalam Bangunan

istockphoto.com

 

Kegunaan Beton dalam Bangunan

Beton digunakan dalam berbagai elemen bangunan, termasuk struktur lantai, dinding, kolom, dan pondasi. Penggunaan beton tidak terbatas pada bangunan perumahan saja, tetapi juga dapat ditemukan dalam bangunan industri, jembatan, bendungan, dan infrastruktur lainnya. Keunggulan beton terutama terletak pada kemampuannya untuk membentuk struktur yang kuat dan tahan lama.

 

Struktur Lantai dan Dinding

Beton sering digunakan untuk membuat lantai dan dinding bangunan. Kekuatan kompresi yang tinggi membuat beton ideal untuk menopang beban vertikal dari lantai di atasnya dan memberikan daya tahan terhadap gaya geser dan tekanan lateral.

 

Pondasi

Beton sering menjadi pilihan utama untuk pondasi bangunan karena kemampuannya yang baik dalam menahan beban struktural dan memberikan stabilitas. Pondasi beton yang kuat dapat mencegah pergeseran dan deformasi bangunan.

 

Kolom dan Balok

Struktur kolom dan balok yang terbuat dari beton memberikan kekuatan dan stabilitas ekstra pada bangunan. Kolom bertanggung jawab untuk menopang beban vertikal, sementara balok mendistribusikan beban secara merata di seluruh struktur.

 

Jembatan dan Infrastruktur

Beton digunakan secara luas dalam pembangunan jembatan dan infrastruktur lainnya. Kekuatan dan daya tahan beton membuatnya cocok untuk menahan beban berat dan cuaca ekstrem.

 

Ragam Mutu Beton

Kegunaan Beton dalam Bangunan

istockphoto.com

Mutu beton merujuk pada karakteristik, kualitas dan kinerja beton yang dapat diukur. Beberapa faktor yang mempengaruhi mutu beton adalah kekuatan tekan, ketahanan terhadap cuaca, dan kekonsistenan campuran yang dinyatakan dalam satuan angka dan huruf. 

Standar mutu beton di Indonesia sendiri bervariasi, namun dinyatakan dalam huruf K, sebagai nilai tekan dengan berbagai jenis mutu beton, meliputi:

 

Mutu Kelas 1

Untuk mutu jenis ini, biasanya kelas beton diantaranya K225-K200, yakni tidak memiliki kandungan besi untuk penulangan cor langsung. Jenis ini menjadi yang paling rendah dan biasanya digunakan untuk struktur bangunan ringan atau non struktural, sehingga tidak perlu pengawasan ekstra dalam penggunaannya. 

 

Mutu Kelas 2 

Jenis selanjutnya adalah kelas menengah, yang meliputi kelas beton K225, k250 hingga K275. Cocok untuk struktur yang membutuhkan kekuatan lebih tinggi, seperti bangunan komersial dan industri. Sudah disertai dengan pemasangan bekisting, penyusunan rangka struktur baja hingga tahap lainnya dalam campuran cor. 

Penggunaan jenis ini juga butuh pengawasan ekstra agar aman diaplikasikan pada struktur bangunan. 

 

Mutu Kelas 3

Dalam standar SNI, ini menjadi kelas yang tertinggi, yakni ukuran k325, k375 hingga k450. Campuran pada beton seperti baja, menjadikannya mampu menahan tegangan tinggi, yang kemudian disebut juga beton prategang. 

Pemakaian beton jenis ini harus dengan pengawasan ahli yang diawasi terus menerus, serta pengaplikasian dengan peralatan lengkap. Biasanya digunakan untuk pembangunan tempat parkir besar, landasan pesawat dan lainnya. 

 

Syarat Beton Dengan Mutu Terbaik 

Kegunaan Beton dalam Bangunan 

istockphoto.com

Menghasilkan beton dengan kuat tekan yang oke harus dengan perbandingan bahan pembuat yang tepat. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipahami, diantaranya : 

 

- Semen 

Kualitas semen harus diperhatikan, termasuk tanggal kadaluarsa. Caranya adalah memeriksa tingkat suhu pada semen, jika masih hangat maka semen masih aman digunakan. Selain itu, jangang gunakan semen yang menggumpal.  

 

- Kerikil & Pasir

Syarat untuk bahan agregat yang tepat adalah, bahan tidak mudah hancur saat dipegang, tidak ada kandungan garan dan besi, kadar lumpur dan tanah umumnya paling tinggi hanya 2 %. 

 

- Air 

Kualitas air juga wajib diperhatikan demi keawetan dan pengerasan beton. Dengan syarat-syarat seperti tidak mengandung bahan organik, bahan kimia yang merusak mutu beton hingga tidak adanya campuran minyak yang nantinya bisa mengurangi kandungan air. 

 

Kesimpulan 

Dengan mengenal ragam mutu beton yang tersedia dan syarat kualitas beton, kegunaan beton untuk bangunan akan terpenuhi. Pemahaman yang baik tentang karakteristik beton, membantu Anda memilih beton lebih tepat dan menunjang keberhasilan proyek dan keamanan bangunan jangka panjang.

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
240326VJax9h8GrYUnWE5HPCN1TLDK4ugojAwOyXFsZSed3m60kqvQbzIMt7Rfic2B.jpg

Apa Itu Cement Treated Base? Simak Penjelasan Ini!

26 March 2024

Dalam industri konstruksi, penggunaan teknologi dan material beton terus berinovasi untuk menghasilkan struktur bangunan dengan pondasi yang kuat dan tahan lama. 

Salah satu inovasi terkini adalah penggunaan Cement Treated Base atau CTB yang kerap digunakan untuk pembuatan jalan dan pondasi bangunan besar. 

Berikut penjelasan, fungsi, hingga metode pelaksanaan CTB.

 

Pengertian Cement Treated Base

Concrete Treated Base

istockphoto.com

Cement Treated Base adalah material sebagai lapis pondasi atau base course pada konstruksi yang diolah dari campuran tanah alam atau agregat dengan campuran semen portland dan air sebagai bahan pengikat. 

Proses pencampuran dilakukan dengan hati-hati untuk mencapai kepadatan dan kekuatan yang diinginkan. Walau hasilnya berupa beton, namun CBT berbeda dari pengembangan perkerasan kaku atau rigid pavement. 

 

Fungsi CTB

Concrete Treated Base

istockphoto.com

Pondasi yang Kokoh

Salah satu fungsi dari CTB adalah menciptakan pondasi yang kokoh untuk jalan, dan landasan pacu bandara, serta lapangan parkir dan lainnya. CTB dapat menahan beban struktural yang tinggi, mengurangi risiko penurunan dan deformasi.

 

Pencegah Erosi 

CTB ditempat untuk lapisan subgrade dan subbase yang sudah dipadatkan, sehingga dapat membantu mencegah erosi tanah sekaligus melindungi stabilitas tanah di bawahnya. 

 

Peningkatan Kekuatan Tanah

CTB juga bisa dinilai dapat meningkatkan kekuatan tanah alam, yang kadang tidak dapat mendukung beban berat dari kendaraan atau struktur lainnya.

 

Keunggulan dan Kekurangan CTB

Concrete Treated Base

istockphoto.com

 

a. Keunggulan

 

Kekuatan yang Tinggi

CTB sudah terbukti mempunyai kekuatan tekan yang tinggi, membuatnya cocok digunakan untuk area dengan beban berat, seperti jalan raya dan landasan pacu bandara.

Daya Tahan Tinggi 

Sebagai bahan pengerasan, material ini lebih kaku dan keras sehingga akan lebih tahan terhadap kerusakan karena cuaca ekstrim dan pembekuan. Selain itu, kekuatan pondasi akan meningkat seiring bertambahnya masa pakai. 

Proses Pengerasan yang Cepat 

Setelah proses pencampuran, CTB akan mengalami pengerasan yang cukup cepat, sehingga penggunaan struktur yang dibangun di atasnya akan lebih cepat dilakukan. 

Proses Pemasangan yang Mudah

Masa curing CTB hanya membutuhkan sekitar 3 hari dan tidak dibutuhkan tulangan atau bekisting dalam pemasangannya. 

 

b. Kelemahan 

 

Biaya Tinggi

Memang untuk pembuatan dan proses produksi CTB akan menggunakan semen portland, dan bahan agregat yang harganya tidak sedikit. Jadi, dalam penggunaan material ini, Anda perlu mempertimbangkan biaya produksinya. 

Keterbatasan Pada Beban Dinamis

Walau dengan kekuatan tekan yang tinggi, ketebalan CBT lebih tipis daripada lapisan lainnya, jadi tetap harus diperhatikan beban dinamisnya secara terus-menerus, seperti pada proyek jalan raya dengan lalu lintas kendaraan berat.

 

Metode Pelaksanaan CTB

Concrete Treated Base

istockphoto.com

 

Pemilihan Material

Pemilihan material yang tepat dalam proses pembuatan CTB dilakukan dengan hati-hati. Melibatkan pemilihan tanah atau agregat yang sesuai dengan kondisi proyek.

 

Penghamparan pada Cetakan

Proses selanjutnya adalah penghamparan cetakan. Siapkan cetakan dengan bahan metal dan kayu, dengan panjang minimal 3 meter dan tebal yang sama demi hasil yang sama. Sesuaikan kemiringan dan tinggi dengan penggunaan mechanical paver di bagian atas. Untuk bagian bawah, hamparkan dengan motor grader. 

 

Proses Pencampuran

Tanah atau agregat yang dicampur dengan semen portland dan air menggunakan peralatan khusus. Proses ini dilakukan dengan baik dan cermat agar memastikan distribusi merata dari bahan-bahan tersebut.

 

Proses Pemadatan

Setelah pencampuran, campuran CTB dikompakan dengan alat berat seperti roller, agar mencapai kepadatan yang maksimal dalam waktu kurang lebih 45 menit. Lakukan juga tes pemadatan satu kali dalam tiap 1000 M dengan hasil kepadatan sekitar 89 %. 

Tahap Pre Cracking 

Proses ini akan dilakukan untuk memeriksa apakah terdapat keretakan atau menghindari terjadinya masalah pada material, dengan membuat retakan menggunakan vibratory plate atau gergaji untuk memotong sambungan CBT yang belum mengeras. 

 

Pengecekan Kualitas

Sebagai langkah terakhir, kualitas CTB diperiksa dengan cermat untuk memastikan bahwa kepadatan dan kekuatan yang diinginkan telah tercapai sesuai standar. Untuk tahap proteksi, Anda dapat membasahi material agar terhindar dari pengeringan selama seminggu. 

Sebagai bukti untuk melihat kekuatan dari CTB, Anda dapat menguji sampel berumur 7 hari. Jika hasil kuat desak lebih dari 5 N/mm dan berbeda dengan nilai sampel lainnya, maka perlu dilakukan perbaikan. 

 

Kesimpulan

Cement Treated Base (CTB) menjadi inovasi penting dalam konstruksi jembatan dan fasilitas umum lainnya, yang menawarkan kekuatan dan kestabilan bangunan berbeban berat. 

Pertimbangkan penggunaan CTB dengan pemilihan material yang tepat dan penerapan metode pelaksanaan yang cermat, demi memiliki pondasi terbaik dan tahan lama.

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
240322wUR0DKPvkQxdtLGTl3H5smuV9YaShjMBI7by4N6qJeWCzrniEfco81A2gOZp.jpg

Apa Itu Beton Decking Sni? Temukan Penjelasan Lengkapnya Disini!

24 March 2024

Beton decking merupakan salah satu elemen penting dalam dunia konstruksi modern, yang memainkan peran krusial dalam mendukung keberlanjutan dan kekokohan struktural sebuah bangunan. Decking beton menjadi umum untuk digunakan karena dinilai memiliki kestabilan dan kekuatan yang baik.

Dengan ukuranya yang terbilang kecil, decking beton merupakan jenis material yang tidak bisa disepelekan. Karena, nyatanya penggunaan material ini menjadi solusi untuk membuat sebuah bangunan menjadi lebih kuat dan kokoh. 

Perlu diketahui juga, meskipun ukurannya kecil, pemasangan beton decking tidak bisa dilakukan dengan semena-mena. Terdapat perihal yang perlu untuk diperhatikan dalam proses pemasangannya.

Lebih lanjut, artikel ini akan memaparkan penjelasan seputar beton decking. Simak penjelasan lengkap berikut ini hingga tuntas ya!


 

Mengenal Apa Itu Beton Decking

Betin Decking SNI

pinterest.com

 

Beton decking adalah jenis beton dengan wujud yang menyerupai bentuk silinder dengan ukuran yang lebih kecil. Selain berbentuk silinder, beton decking juga dapat berbentuk kubus. Dalam penggunaanya, varian tebal beton decking berbeda-beda dan menyesuaikan ketebalan dari selimut beton yang akan digunakan dalam suatu pembangunan.

Beton decking juga merupakan jenis decking yang terbuat dari sisa-sisa pekerjaan pengecoran. Beton ini dibuat dengan menggunakan cetakan berbahan PVC serta disertakan kawat bendrat pada bagian dalam cetakan tersebut. 

Beton decking merupakan sebuah solusi bagi para kontraktor dalam membangun bangunan yang lebih kuat dan kokoh. Hal ini dikarenakan terdapat beragam kualitas beton decking yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan. Terlebih lagi, saat ini tersedia juga beton decking dengan kekuatan hingga mencapai 40 Mpa yang lebih kuat dan tidak mudah hancur.

 

Fungsi Beton Decking

Betin Decking SNI

pinterest.com

Penggunaan beton decking didasari oleh fungsinya yang terbilang sangat berperan dalam mendukung kekokohan dari suatu bangunan.

Beton decking tidak hanya berperan sebagai elemen struktural utama, tetapi juga memegang peran vital dalam menjaga konsistensi ketebalan selimut beton, yang merupakan lapisan pelindung pada permukaan beton. Ketebalan selimut beton yang sesuai dengan spesifikasi awal sangat penting dan diperlukan untuk menjaga kekuatan dan kestabilan struktur bangunan.

Tak hanya itu, beton decking juga berfungsi sebagai pelindung bagi besi tulangan yang terdapat dalam konstruksi. Proteksi terhadap besi tulangan sangat vital karena besi tulangan yang terkena karat dapat mengakibatkan penurunan kekuatan struktural dan bahkan dapat membahayakan integritas keseluruhan bangunan.

Oleh karena itu, beton decking dinilai sangat berperan dalam mendukung kekokohan fisik, serta dapat memberikan perlindungan pada ketebalan selimut beton dan perlindungan terhadap besi tulangan.

 

Kelebihan Penggunaan Beton Decking SNI

Berikut ini adalah adalah kelebihan dari penggunaan beton decking SNI
 

Kualitas Struktur yang Lebih Terjamin

Beton decking dikenal karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Beton ini  mampu menahan beban berat dengan baik dan memberikan stabilitas struktural yang lebih optimal. Dengan begitu, beton decking menjadi pilihan yang  ideal untuk diaplikasikan pada pembuatan lantai bangunan, jembatan, dan platform industri.

Selain itu, penggunaan beton decking yang sesuai dengan SNI menjamin kualitas material yang digunakan dalam konstruksi. Hal ini berkontribusi pada keamanan struktur bangunan, memastikan bahwa material memenuhi standar kekuatan dan ketahanan yang ditetapkan.

 

Daya Tahan yang Lebih Tinggi

Penggunaan beton decking SNI juga dapat meningkatkan daya tahan material terhadap tekanan, beban dinamis. Selain itu, beton decking SNI dinilai lebih tahan terhadap berbagai kondisi cuaca ekstrem dan lingkungan yang terbilan ekstrim. Material ini tidak mudah terpengaruh oleh perubahan suhu, kelembaban, atau radiasi UV, sehingga struktur dan kekuatannya dapat bertahan dalam jangka panjang.

 

Kesimpulan

Beton decking menjadi sebuah solusi bagi para kontraktor yang ingin menghasilkan bangunan dengan struktur yang kuat dan kokoh. 

Meskipun bentuknya kecil, Beton decking tidak hanya berperan sebagai elemen struktural utama, tetapi juga memegang peran vital dalam menjaga konsistensi ketebalan selimut beton, yang merupakan lapisan pelindung pada permukaan beton. 

 

***
 

Untuk mendukung kekuatan pada struktur serta pondasi pada bangunan, Anda membutuhkan beton dengan kualitas terbaik. 

PT. Global Sobute Indonesia, siap menyuplai produk pengeras beton dengan mutu kualitas terpercaya ke seluruh wilayah Indonesia. 

Segera Hubungi Kami untuk info selengkapnya.

Baca selengkapnya...
240322Xr8u9WNLoSEzgGdHJ4D70UnKbwkfR5vQZyA1lT2j3iaVM6tPIsehCOmqBFpc.jpg

Bleeding Dan Segregasi Beton: Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengatasinya

22 March 2024

Dalam pemakaian beton untuk berbagai proyek konstruksi dan lainnya, terkadang ada beberapa masalah yang kerap terjadi selama proses pengecoran beton, yakni bleeding dan segregasi. 

Kedua masalah pada beton ini dapat berdampak negatif pada kualitas dan kekuatan material tersebut. 

Mari kita bahas apa itu bleeding dan segregasi beton, penyebabnya, hingga cara mengatasinya.

 

A. Bleeding Beton

Bleeding dan Segregasi Beton

istockphoto.com

Bleeding pada beton bisa dikatakan Mixing water atau air pemadat atau air pencampur naik ke permukaan beton setelah terjadi pengecoran. Hal ini terjadi karena adanya penurunan semen dan agregat. Tentunya masalah ini akan merusak lapisan air di atas permukaan beton yang belum mengeras. 

 

Penyebab Umum Terjadinya Bleeding

Rasio Campuran Bahan yang Salah

Jika takaran antara air dan bahan lainnya tidak pas, maka kemungkinan besar bleeding akan terjadi. Rasio yang tidak tepat bisa menjadikan campuran beton lebih cair.

 

Pemadatan yang Tidak Cukup

Kurangnya pemadatan ketika proses pengecoran dilakukan juga bisa menjadi penyebab terjadinya bleeding. Pemadatan yang buruk akan menjadikan air lebih mudah naik ke atas permukaan.

 

Bahan Aditif yang Tidak Tepat

Beberapa aditif yang dicampurkan, baik berlebihan atau tidak sesuai dalam beton bisa meningkatkan tingkat bleeding. 

 

Cara Mengatasi Bleeding 

Penyesuaian Rasio Campuran

Mengatur takaran antara air dan bahan pengikat, seperti semen dan agregat lainnya dengan tepat dan sesuai kebutuhan proyek, sangat bisa mengurangi kemungkinan terjadinya bleeding.

Proses Pemadatan yang Tepat 

Pastikan beton dipadatkan dengan baik dan prosesnya tepat selama pengecoran. Hal ini akan mengurangi kemungkinan adanya bleeding.

Gunakan Aditif dan Kombinasi Bahan yang Tepat

Gunakan aditif yang sesuai dengan jenis beton yang akan diaplikasikan. Selain itu, kombinasikan bahan, seperti pasir, semen dan lainnya demi campuran beton yang lebih pas dan kohesif. 

 

B. Segregasi Beton

Bleeding dan Segregasi Beton

istockphoto.com

Segregasi beton bisa diartikan kondisi saat bahan agregat, seperti pasir, kerikil, atau serpihan batu tidak menyatu dengan campuran beton, sehingga meninggalkan lapisan yang kurang padat dan kurang homogen. 

 

Penyebab Segregasi Beton 

Pemadatan Tidak Merata

Jika pemadatan pada beton tidak merata, partikel-partikel dalam kandungannya akan terpisah dan turun ke bawah campuran.

 

Ukuran Agregat yang Berbeda

Penggunaan agregat yang memiliki ukuran berbeda-beda, sangat bisa menyebabkan terjadinya pergeseran berat pada jenis dan menyebabkan segregasi.

 

Jarak dan Waktu Pemindahan Beton 

Jika pemindahan beton dari lokasi pembuatan material ke tempat pengecoran dilakukan dengan cepat, akan menyebabkan masalah ini. Ini juga berlaku pada jarak pengiriman adukan yang terlalu jauh dari lokasi proyek, akan menyebabkan segregasi karena gaya gravitasi.

 

Cara Mengatasi Segregasi

Pemadatan yang Merata

Pastikan proses pemadatan dilakukan dengan baik dan merata. Perhatikan tiap bagian beton secara menyeluruh sudah dalam kondisi kuat dan kering optimal. 

 

Penyesuaian Agregat 

Gunakan agregat dengan ukuran yang seragam agar tidak terjadi pergeseran berat jenis. Anda juga harus memperhatikan penyesuaian kebutuhan proporsional tiap material dalam kandungan beton. 

 

Kontrol pelaksanaan dan Pemindahan Beton

Anda harus menyesuaikan waktu pelaksanaan sesuai kebutuhan, dari pencampuran, penuangan hingga pemadatan. Atur juga kecepatan pemindahan beton dengan hati-hati dan sesuai dengan waktunya agar tidak terjadi segregasi.

 

Dampak Terjadinya Bleeding dan Segregasi Beton

Bleeding dan Segregasi Beton

istockphoto.com

 

Menurunkan Kekuatan Beton

Hal pertama yang terjadi jika adanya bleeding dan segregasi beton adalah mengurangi daya tahan material ini. Tak hanya akan membuat bangunan mudah rusak karena tidak dapat menahan distribusi bahan. Namun juga mengancam keselamatan penghuni dan sekitar. 

 

Estetika yang Buruk 

Bleeding atau segregasi akan meninggalkan noda atau lapisan air di bagian permukaan beton yang tidak mengeras dengan sempurna. Hal ini akan mengurangi keindahan bangunan Anda. 

 

Kualitas terhadap Cuaca Menurun

Kedua masalah pada beton ini sama-sama dapat menurunkan kekuatan beton, khususnya daya tahan terhadap cuaca dan penetrasi air.

 

Kesimpulan

Semoga dengan penjelasan di atas, Anda lebih memahami apa itu bleeding dan segregasi beton. Untuk memastikan kekuatan dan kualitas beton, perlu memperhatikan bahan dan pengelolaan dengan cermat. 

Dengan mengidentifikasi penyebab dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya bleeding dan segregasi beton dalam proyek konstruksi.

 

Butuh beton berkualitas tinggi? PT. Sobute Global Indonesia jawabannya. 

Menyediakan produk pengeras beton berkualitas, untuk kebutuhan pondasi dan bangunan Anda. 

Butuh info lengkap? Hubungi Kami 

Baca selengkapnya...
240320OhvXm1akS09B6qCgFwKTMJZzD7jN84rIGbyeYLulVQcAHiPdts2oW3xEnfRp.jpg

Anti Licin! Kenalan Dengan Garis Sersan Ramp Beton

20 March 2024

Pada umumnya, tempat parkir bertingkat atau basement pada sebuah gedung memiliki permukaan beton yang halus dan rata. Tentu saja hal ini merupakan hal yang positif karena hal ini membuat tampilan tempat parkir menjadi lebih indah dan rapi.

Namun terkadang, permukaan beton pada lahan parkir ini terbilang licin bahkan ketika dalam kondisi basah. Tak hanya itu, resiko selip pada lahan parkir juga dapat meningkat terutama pada permukaan yang menanjak atau menurun serta berkelok-kelok.

Oleh karena itu, pada masalah ini dibutuhkan solusi yang dapat meningkatkan cengkraman roda kendaraan ketika sedang melintasi area parkir tersebut. Solusi tersebut dapat berupa pembuatan garis sersan ramp pada permukaan beton.

Lalu apa itu garis sersan ramp beton? Apa Fungsinya? Bagaimana cara membuatnya? Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh seputar garis sersan ramp beton terutama pada area parkiran suatu gedung.


 

Definisi Garis Sersan Ramp Beton

garis sersan ramp beton

Istockphoto.com

 

Istilah ramp sendiri merujuk pada bidang miring yang digunakan untuk menghubungkan area parkir dari satu lantai ke lantai lainnya. 

Definisi dari garis sersan ramp beton yaitu sebuah wujud permukaan beton dengan motif menyerupai huruf “V” atau tarikan garis lurus yang dibuat untuk meningkatkan daya cengkram roda kendaraan pada saat melintas di area yang menanjak ataupun menurun serta berkelok-kelok. 

Garis sersan ramp beton juga umum disebut dengan groove line atau cutting concrete. Hal ini merupakan metode yang dinilai efektif dan umum dilakukan dalam menghasilkan jalur air pada area permukaan beton yang basah dan berpotensi slip ketika dilalui kendaraan.

 

Fungsi Garis Sersan Ramp Beton

garis sersan ramp beton

Istockphoto.com
 

Seperti yang sudah sedikit dibahas pada poin sebelumnya. Fungsi dibuatnya garis sersan ramp beton yaitu meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko kecelakaan. 

Hal ini demikian, karena garis ini mampu mengalirkan genangan air melalui jalur-jalur air pada setiap garisnya. Sehingga garis sersan ramp beton dapat mengurangi dan mencegah adanya genangan yang membuat permukaan jalanan area parkir menjadi licin.


 

Perhitungan Garis Sersan Ramp Beton

garis sersan ramp beton

Istockphoto.com

 

Dalam membuat garis sersan ramp beton, terdapat perhitungan tersendiri untuk membuat pola-pola yang akan dipotong. Perhitungan pola garis sersan ramp beton dapat menggunakan satuan panjang meter atau satuan luas meter persegi.


 

Cara Membuat Garis Sersan Ramp Beton

Pada umumnya, ada dua metode atau cara yang digunakan dalam membuat garis sersan ramp beton pada area parkir gedung. Diantaranya yaitu penggunaan besi siku dan tanpa menggunakan besi siku.

Jika metode yang digunakan adalah penggunaan besi siku, maka besi tersebut nantinya akan dikaitkan dengan besi tulangan beton sebelum akhirnya proses pengecoran dilakukan.

Namun, jika metode yang digunakan adalah tanpa menggunakan besi siku, Anda dapat menggunakan cara manual dengan memotong permukaan beton yang sudah jadi. 

Dari segi biaya, metode ini dinilai lebih hemat biaya dan ekonomis serta juga lebih mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, terkadang garis sersan ramp beton juga disebut dengan cutting concrete.

Berikut ini adalah cara membuat garis sersan ramp beton dengan cara cutting. 

 

Menyiapkan Alat-Alat

Untuk melakukan pekerjaan ini, disarankan setiap alat-alat yang mendukung proses pengerjaan harus tersedia lengkap. Alat-alat tersebut dapat berupa:

  • Masker dan Kacamata

  • Mesin pemotong beton

  • Pahat dan Palu

  • Sendok Semen

 

Membuat Marking Garis

Setelah mempersiapkan alat-alat yang digunakan, langkah selanjutnya yaitu membuat marking garis dan disesuaikan dengan perencanaan yang telah ditentukan. Pembuatan marking garis ini sebaiknya dilakukan dengan perhitungan yang benar dan serapi mungkin agar memaksimalkan bentuk pola garis pada hasil akhir nanti.

 

Mulai Memotong Beton

Setelah marking garis sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya mulai melakukan pemotongan sesuai dengan marking atau pola yang sudah dibuat sebelumnya dengan mesin pemotong beton. Proses ini harus dilakukan dengan menggunakan masker dan kacamata agar tidak membahayakan keselamatan pekerja.

 

Mencungkil Potongan Beton

Setelah beton selesai dipotong, maka proses selanjutnya yaitu mengangkat hasil potongan beton dengan cara mencungkil atau diketrik. Gunakan palu dan alat pahat untuk menghasilkan pola berbentuk huruf “V” dengan rapi. Jika terdapat kerusakan, segera lakukan perbaikan kecil.

 

Membersihkan Area Kerja

Langkah terakhir dalam pembuatan garis sersan ramp beton adalah membersihkan area kerja dari sisa-sisa potongan beton dan debu-debu yang tersebar di sekitar. Tentu saja hal ini menjadi perlu untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan bekas pekerjaan yang dapat mengotori area lainnya.

 

 

Kesimpulan

Garis sersan ramp beton atau groove line atau juga bisa disebut cutting concrete merupakan sebuah solusi untuk meningkatkan keamanan pada kendaraan yang melintas di area parkiran dengan permukaan beton pada suatu gedung. Garis sersan ramp beton umumnya diaplikasikan pada bagian jalan yang menghubungkan satu lantai area parkir dengan lantai lainnya.

Dengan adanya garis sersan ramp beton, resiko licin atau selip dapat diminimalisir karena mampu membantu roda kendaraan untuk mencengkram permukaan jalan pada saat menanjak ataupun menurun.
 

***

 

Jika Anda membutuhkan beton dengan kualitas tinggi, Sobute hadir untuk membantu.

PT. Sobute Global Indonesia siap membantu Anda dengan menyuplai produk pengeras beton berkualitas ke seluruh wilayah Indonesia.

Butuh info lebih lanjut? Segera Hubungi kami.

Baca selengkapnya...
Your Message Has Been Sent..